makanan burung nuri

Makanan Burung Nuri, Cara Menjinakan Hingga Tips Merawatnya

33 views

Burung nuri memiliki warna bulu yang indah, dan salah satu hal yang membuat burung nuri memiliki banyak peminatnya adalah burung tersebut bisa menirukan suara burung lain dan juga suara manusia.

Banyak jenis burung nuri yang bisa rekan-rekan pilih sesuai dengan minat, namun secara umum untuk makanan yang biasa di konsumsi oleh adalah pakan dari biji-bijian, buah dan sayur-sayuran.

Makanan yang berkualitas tentunya harus memenuhi kebutuhan gizi burung itu sendiri, seperti memberikan pakan tersebut dengan lengkap setiap hari dan setipa minggunya.

Selain bisa mengenyangkan untuk burung nuri itu sendiri, makanan tertentu dapat membuat burung menjadi rajin bekricau dan juga dapat meningkatkan kualitas burung bulu burung itu sendiri lebih indah.

Cara Menjinakan Burung Nuri dan Merawatnya

Sebelum mengetahui tentang makanan apa yang biasa di konsumsi burung nuri, maka jika rekan-rekan belum mengetahui tentang cara merawatnya, maka ketahui terlebih dahulu tentang cara menjinakannya, karena ketika burung nuri di rawat belum jinak, maka sebagus apapun burung akan sulit untuk di latih, terutama di latih untuk bisa menirukan suara manusia.

  1. Penyimpanan Burung Nuri

Jika burung baru beli masih belum jinak, maka untuk membuatnya terbiasa dengan lingkungan baru dan menjadi jinak, maka sebisa mungkin menyimpannya di tempat yang cukup ramai oleh lalu lalang menusia, sehingga nantinya burung menjadi terbiasa di dekatnya ada manusia.

Mungkin, untuk beberapa mingggu , burung nuri akan sering menghindar dan loncat-loncat di sangkarnya ketika di dekati oleh manusia, karena merasa tidak nyaman di dekatnya ada manusia.

Namun, hal tersebut hanya berjalan beberapa minggu saja, toh ketika burung sudah capek sendiri jika terus-terusan menghindar dari manusia.

Mungkin selama belum jinak, bulunya akan rusak karena burung nuri sering loncat ke sangkarnya, namun hal tersebut untuk kebaikan burung itu sendiri, toh ketika sudah jinak dan tidak sering loncat ketika di dekati oleh manusia, bulunya akan bagus kembali.

  1. Memandikan Burung Nuri

Memandikan burung nuri, bukan hanya membuat burung itu sendiri menjadi bersih dan segar, akan tetapi bisa digunakan sebagai cara untuk menjinakannya.

Ketika bulu burung nuri basah, dan di saat bersamaan di dekati oleh manusia, maka burung tersebut tidak akan menghindar, karena tubuhnya dingin. Berbeda halnya ketika bulunya kering yang cenderung akan menghindar.

Ketika burung sering di dekati manusia dalam keadaan basah bulunya dan tidak menghindar, maka memiliki manfaat untuk membuat burung terbiasa di dekati oleh manusia. Karena seringnya di dekati oleh manusia, maka akan membangun persepsi , bahwa manusia bukanlah ancaman bagi burung nuri yang harus di hindari.

Selain itu, ketika burung dimandikan, biasanya akan membuat burung lebih cepat lapar, karena ketika dimandikan dapat membakar kalori tubuhnya. Nah, burung sudah mulai lapar, maka sodorkan pakan kesukannya menggunakan tangan anda, guna untuk membuat burung menjadi ketergantungan , ketika lapar akan meminta pada pemiliknya.

Untuk memandikan burung nuri, bisa dilakukan sehari 2 kali, ketika pagi hari dan sore hari.

  1. Mastering

Masterin burung guna untuk meningkatkan kemampuan berkicau burung, sehingga burung bisa menirukan suara yang pernah di dengarkannya.

Untuk melakukan mastering, bisa menggunakan suara masteran dari Mp3 yang bisa di download dari internet, menggunakan burung lain secara langsung atau bisa menggunakan suara anda.

Dalam hal melakukan mastering burung nuri perlu cara yang tepat, dan untuk memilih waktu yang tepat adalah ketika burung sedang beristirahat, bisa siang hari, sore hari dan juga malam hari. Karena di waktu tersebut, burung sering menghabiskan waktunya untuk bersantai.

Menggunakan waktu bersantai untuk mastering agar burung bisa fokus dan mendengarkannya dengan seksama, sehingga bisa hafal dengan irama kicauan yang pernah di dengarkannya.

Daftar Makanan Burung Nuri

Nah, ketika sudah tau tentang cara merawat dan menjinakannya, maka agar burung bisa tampil maksimal setiap harinya dan mendapatkan kondisi terbaiknya, maka untuk selanjutnya memenuhi kebutuhan gizinya dengan memberikan pakan.

  1. Buah dan Syuran

Pakan dari sayur dan buah merupakan pakan yang biasa di konsumsi oleh burung nuri, seperti buah pisang,pepaya, brokoli, apel, tomat, wortel, kacang hijau dan lain sebagainya.

Pakan dari buah dan sayuran bukan hanya mengenyangkan dan dapat memberikan energy pada burung, akan tetapi dapat membuat bulunya menjadi lebih cerah dan terlihat contras warnanya, sehingga terlihat lebih cantik.

Agar gizinya lengkap terpenuhi oleh burung, maka untuk memberikannya sebaiknya di Mix antara buah dan sayur seperti yang telah di sampaikan di atas.

  1. Voer atau pelet

Jika rekan-rekan tidak mau pusing atau tidak punya waktu untuk meracik pakan seperti yang telah di sampaikan di atas, maka rekan-rekan bisa memberikan pakan voer atau pelet khusus burung, terutama untuk burung nuri yang bisa di beli di kios burung atau toko online.

Biasanya pakan dari voer juga sudah di mix dengan berbagai macam bahan lainnya untuk memenuhi kebutuhan protein, serat, karbohidrat dan kebutuhan nutrisi lainnya.

  1. Biji-bijian

Burung nuri juga menyukai pakan dari biji-bijian, seperti jewawut, milet, beras merah , gandung dan biji-bijian lainnya yang bisa di kios burung. Untuk sekarang ini, sudah banyak ko pakan khusus burung yang sudah di mix untuk burung, termasuk pakan untuk burung nuri.

  1. Bubur burung nuri

Selain pakan yang telah di sebutkan di atas, jika rekan-rekan memiliki burung nuri anakan atau ingin membuat pakan dengan membuatnya bubur terlebih dahulu, maka bisa meracik milet, beras merah, jewawut,gandum yang di haluskan.

Membuat pakan ini cukup baik di berikan bagi burung nuri yang masih anakan, karena mudah untuk di konsumsi.

  1. Suplemen atau Multivitamin

Suplemen atau pemberian vitamin memiliki manfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi burung yang tidak tercukupi dari pemberian pakan yang diberikan, sehingga burung lebih aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *