ikan mas

Ikan Mas : Cara Budidaya, Jenis, Pakan dan Harganya ( Terlengkap )

Ikan Mas adalah jenis ikan yang menghuni perairan yang hangat, dalam, mengalir lambat dan tenang seperti sungai dataran rendah dan danau besar yang bervegetasi. Ikan jenis ini sangat kuat dan toleran terhadap berbagai kondisi. Ikan ini paling banyak berkembang di sungai keruh. Ikan ini juga berkembang biak di sepanjang pantai atau di daerah terpencil.

Pertumbuhan terbaik ikan ini diperoleh ketika suhu air berkisar antara 23 ° C dan 30 ° C. Ikan ini memiliki tubuh bagian dalam dan tulang belakang duri yang bergerigi. Jadi penasaran bagaimana cara untuk membudidayakan mas? Apa saja jenis-jenis Ikan Mas atau Goldfish yang ada di dunia dan apa saja pakan-pakannya?

Cara Budidaya Ikan Mas

Ikan Mas adalah makanan mewah di pertengahan dan akhir zaman Romawi, dan dikonsumsi selama puasa di Abad Pertengahan. Ikan disimpan di kolam penyimpanan (‘piscinae’) oleh orang Romawi, dan kemudian di kolam ikan yang dibangun oleh biara-biara Kristen.

Ikan ini sering tumbuh dengan panjang 30 hingga 60 cm dan beratnya 0,5 hingga 4 kg tidak jarang ikan ini biasa mencapai 15 hingga 20 kg. Jenis yang jantan biasanya berbeda dari betina karena sirip perutnya yang lebih besar.

Perkembangan embrio Ikan Mas memakan waktu sekitar 3 hari pada 20-23 ° C. Dalam kondisi alami, benih goreng menempel pada substrat. Sekitar tiga hari setelah menetas bagian belakang kandung kemih  berkembang, larva berenang secara horizontal, dan mulai mengkonsumsi makanan eksternal.

Berikut adalah cara untuk bisa membudidayakan Ikan Mas :

  1. Pembenihan

Tahap pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pembenihan Goldfish. Pastikan Anda bisa menemukan benih yang bagus dan berkualitas agar lebih mudah perawatannya. Agar ikan Anda bisa bagus perkawinannya, Anda perlu memisahkan antara jenis ikan yang betina dan jantan. Anda juga perlu memisahkan kolamnya dan masukkan ke kolam yang khusus.

  1. Pembesaran ikan

Pertumbuhan harian Ikan Mas bisa 2 hingga 4 persen dari berat badan. Ikan ini dapat mencapai 0,6 hingga 1,0 kg berat badan dalam satu musim di kolam ikan polikultural di daerah subtropis / tropis. Pertumbuhan jauh lebih lambat di zona beriklim sedang.

gambar ikan mas besar
gambar ikan mas besar

Setelah perawatan hormon, ikan-ikan akan elepaskan telurnya yang matang dalam periode yang jauh lebih singkat, yang memungkinkan pengupasan. Jumlah telur yang dilepaskan adalah 100 hingga 230 g / kg berat badan. Kulit telur menjadi lengket setelah mengontak air.

Lihat Juga : Cara Merawat Ikan Mas Koki

Ada 3 metode yang biasanya digunakan oleh para petani ikan dalam membudidayakan Ikan Mas, di antaranya adalah :

  1. Kolam dengan aliran air yang tenang

Kolam dengan aliran air yang tenang terbuat dari tanah dan jenis kolam satu ini tidak membutuhkan banyak biaya. Selain itu tipe kolam ini bisa menghasilkan pakan otomatis karena tanah bisa menghasilkan cacing.

  1. Kolam dengan aliran air yang deras

Tipe kolam selanjutnya adalah kolam dengan aliran air yang deras. Kolam dengan sirkulasi air yang deras ini memiliki keuntungan dibandingkan dengan jenis kolam yang tenang karena oksigen akan banyak yang masuk dan air yang terus bergerak ini membuat ikan-ikan Anda mudah diberi pakan.

  1. Jaring yang mengapung

Untuk jenis media yang terakhir yakni jaring apung biasa digunakan di area-area seperti danau atau  waduk. Nah, jaring ini ditangkarkan dengan kedalaman sekitar 3 meter. Pastikan Anda membuat jangkar yang kuat agar jaring Anda tidak terbawa arus.

  1. Kendalikan hama dan penyakit ikan

Dalam membudidayakan ikan, pastikan dengan baik bahwa ikan-ikan Anda terhindar dari bahaya hama atau jenis-jenis penyakit yang akan membahayakan budidaya ikan Anda.

  1. Panenlah ikan-ikan Anda

Jika ikan-ikan Anda sudah berukuran minimum 300 gram, maka Anda sudah bisa memanen hasil budidaya ikan Anda. Setidaknya Anda membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 bulan untuk bisa membuat ikan-ikan Anda tumbuh dengan berat sesuai permintaan pasar yakni 300-400 gram-an.

Jenis-jenis Ikan Mas

Ikan Mas sendiri memiliki banyak sekali jenis-jenisnya di Indonesia karena banyak peternak Indonesia yang mencoba mengawinkan benih-benih Ikan Mas untuk mengasilkan jenis ikan yang baru. Penasaran apa sajakah jenis-jenis tersebut?

Lihat Juga : Cara Budidaya Ikan Tuna

  1. Mas Punten

ikan mas punten

Ikan Mas jenis Punten merupakan hasil budidaya dari daerah Malang, tepatnya di desa Punten. Nah, ikan satu ini mempunyai karakteristik tubuhnya yang pendek. Sementara itu ikan ini mempunyai punggung yang cukup lebar. Ikan ini mudah dikenali karena memiliki sisik berwarna hijau tua dan matanya sangat bulat.

  1. Mas Sinyonya

 

ikan mas sinyonya

Jenis ikan satu ini  yakni Sinyonya mempunyai karakteristik tubuh yang sedikit panjang. Ikan ini mempunyai warna yang sangat mencolok yakni orange dengan sisik yang sedikit kekuningan agak orange. Ikan Mas jenis Sinyonya dibudidayakan oleh warga Yogyakarta.

  1. Mas Taiwan

ikan mas taiwan

Sesuai dengan namanya, ikan satu ini berasal dari negara Taiwan. Ikan Mas jenis ini sedikit aktif dan juga responsif. Ikan ini sangat mudah bereaksi jika Anda memberikan makan ke habitatnya. Adapun ciri khas lainya dari ikan jenis ini adalah memiliki bentuk yang panjang dengan sisik yang didominasi dengan warna hijau dan kuning.

  1. Mas Merah

gambar ikan mas merah
gambar ikan mas merah

Sesuai dengan namanya, jenis Ikan Mas satu ini memiliki warna tubuh yang didominasi dengan merah agak keorange-an. Ikan satu ini sangat aktif mirip dengan Mas Taiwan. Ikan ini sulit sekali ditangkap dan memerlukan trik khusus untuk bisa menaklukkan Mas Merah.

  1. Mas Majalaya

ikan mas majalaya

Hampir sama dengan Mas Punten, Ikan Mas satu ini juga merupakan hasil budidaya dari sebuah daerah. Jika jenis Mas Punten berasal dari Jawa Timur, maka berbeda dengan Mas Majalaya yang berasal dari Jawa Barat, tepatnya kecamatan Majalaya, kabupaten Bandung. Ikan satu ini memiliki ciri khas tubuhnya yang pendek dengan sisik warna hijau dan abu.

Lihat Juga : Jenis Ikan Bawal dan Harganya

  1. Mas Yamato

ikan mas yamato

Jika kelima jenis Ikan Mas tadi banyak dibudidayakan oleh peternak Indonesia, maka jenis ikan satu ini banyak ditemukan di negara Jepang karena nama Yamato sendiri adalah nama daerah di negara Samurai Jepang. Selain Jepang, ikan satu ini juga banyak ditemukan di China. Jenis ikan satu ini memiliki  karakteristik sisik yang berwarna hijau agak kecokelatan.

Pakan Ikan Mas

Kebanyakan orang memberi makan ikan ini pelet atau serpihan makanan ikan yang diproduksi secara komersial. Namun, sebenarnya jenis ikan satu ini adalah omnivora sehingga bisa makan apa saja yang mudah dikonsumsi. Ikan Mas di kolam memakan tanaman, ganggang, serangga, larva serangga, dan krustasea kecil.

Banyak  orang yang menyediakan cacing darah, kacang polong, udang air asin, dan sayuran berdaun. Namun, penting untuk tidak memberi makan ikan ini secara berlebihan, karena dapat menyebabkan penyumbatan pencernaan. Dalam membudidayakan ikan, pastikan Anda memberikan makan yang tepat, ya! Ada beberapa jenis pakan ikan yang bisa Anda berikan di antaranya adalah :

  1. Cacing Tanah

Cacing tanah merupakan sumber protein yang sangat tinggi. Kadar asam amino dalam hewan satu ini juga sangat tinggi. Selain itu cacing tanah mengandung tytosin yang  jarang ditemukan di bahan pakan lain.

Oleh sebab itu, ikan yang diberi pakan cacing tanah memiliki dampak gizi yang baik dibandingkan dengan pakan lainnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pakan cacing tanah lebih unggul untuk ikan daripada pakan buatan atau pelet.

  1. Cacing Sutera

Cacing sutera memiliki protein dan lipid berdasarkan berat kering masing-masing adalah 55,6 dan 32,2%. Selain itu cacing sutera juga memiliki kadar asam amino esensial yang tinggi seperti valin, metionin, dan fenilalanin. Dengan hadirnya asam amino esensial dalam protein pupa cacing inilah yang membuat cacing sutera bagus untuk pakan ikan karena bisa membuatnya tumbuh cepat.

  1. Kroto

Kroto atau semut api dengan nama ilmiah oecophylla smaragdina adalah salah satu pakan Ikan Mas yang bergizi dan bagus untuk diberikan kepada budidaya ikan Anda. Jenis pakan ikan satu ini tidak hanya bagus untuk ikan-ikan Anda tapi juga untuk peliharaan lainnya seperti unggas terutama burung.

Lihat Juga : Jenis Ikan Nila dan Gambarnya

Namun untuk bisa mendapatkan semut api ini, Anda perlu membutuhkan biaya yang cukup tinggi karena memang harganya mahal. Anda bisa membelinya ke peternaknya langsung atau mencarinya di pohon-pohon hutan.

  1. Ulat daun pisang

Selama berabad-abad, peternak ikan telah menggunakan ulat daun pisang sebagai makanan alami untuk membantu ikan menambah berat badan lebih cepat. Hal ini dikarenakan ulat daun pisang adalah salah satu serangga pengumpan paling sehat di sekitarnya, mengandung sangat sedikit lemak dan kadar kalsium, protein, dan berbagai vitamin B yang tinggi.

Semua kandungan yang ada dalam ulat jenis inilah yang pada akhirnya membantu ikan tidak hanya tumbuh dengan kecepatan lebih cepat, tetapi juga membantu meningkatkan kilau sisik tubuh ikan.

  1. Ampas Tahu

Jika Anda mencari pakan Ikan Mas dengan harga yang murah, Anda bisa mencoba memberi makan ikan Anda dari ampas tahu. Tahu memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk ikan Anda.

Nah, semua kandungan nutrisi yang ada di tahu, terutama kandungan proteinnya yang tinggi, ampas tahu dapat digunakan sebagai pakan ikan karena bisa membuat ikan tumbuh lebih cepat dengan daging yang padat.

  1. Tepung ikan

Sebagaimana namanya yakni tepung ikan, maka pakan satu ini memang terbuat dari bahan utama ikan yang kemudian dicampur dengan tepung yang halus. Jika Anda ingin membuat pakan ikan dari ikan yang dihaluskan, pastikan hindari dari tulang-tulang atau partikel yang masih kasar. Tepung ikan sangat bagus untuk pertumbuhan budidaya ikan Anda.

  1. Emulsi

Emulsi adalah pakan ikan yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Anda bisa membuatnya dari bahan-bahan yang bernutrisi seperti tepung kedelai, sagu dan kuning telur kemudian campurkan semua bahannya dan kemudian keringkan.

Lihat Juga : Jenis Ikan Louhan dan Gambarnya

Jangan pernah Anda masukkan emulsi ini ke dalam lemari es karena jenis pakan ikan ini harus kering. Berikan ke kolam ikan Anda sebanyak 6 hingga 8 kali per harinya.

Tidak begitu menyulitkan bukan berbudidaya Ikan Mas setelah membaca cara-caranya di atas? Anda hanya perlu rutin untuk merawat dan tentu saja bersabar karena agar bisa menghasilkan panen yang bagus dan melimpah, tidak hanya rutin yang dibutuhkan, tapi juga kesabaran.  

Harga Ikan Mas

Kota Harga Ikan Mas
Waduk cirata Rp = 22.000
Balik papan Rp = 35.000
Malaysia Rp = 140.000
Pontianak Rp = 35.000
pemancingan Rp = 25.000
bogor Rp = 35.000
jambi Rp = 28.000
Makassar Rp = 30.000
Jati Luhur Rp = 28.000
Superindo Rp = 35.000
Batam Rp = 35.000
Subang Rp = 25.000
Cirebon Rp = 28.000
Aceh Rp = 23.000
Tasikmalaya Rp = 30.000
Garut Rp = 35.000
Medan Rp = 20.000
Cikarang Rp = 25.000
Petani CIrata Rp = 22.000
Lampung Rp = 30.000
Padang Rp = 25.000
Jakarta Rp = 40.000
Bekasi Rp = 35.000
Jawa Barat Rp = 35.000
Bandung Rp = 35.000
Cirata Rp = 25.000
Pasar Tradisional Rp = 25.000
Garut Rp = 35.000
Medan Kota Rp = 25.000
Pekan Baru Rp = 28.000
Manado Rp = 25.000
Sukabumi Rp = 30.000
Siantar Rp = 30.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *