ikan mas koki

Ikan Mas Koki : Cara Merawat, Jenis, Makanan dan Harganya ( Terlengkap )

Ikan mas koki atau memiliki nama ilmiah Carassius Auratus adalah anggota keluarga terbesar spesies ikan air tawar, Cyprinidae. Cyprinidae memiliki wilayah distribusi terluas dari ikan air tawar. Asia Tenggara adalah pusat asal mula keluarga ikan ini.

Namun, banyak spesies telah diperkenalkan di seluruh dunia dan siap beradaptasi dengan lingkungan baru ini. Ikan mas koki sendiri adalah spesies terbesar dari jenis Cyprinidae dan dapat berkembang biak. Ikan koki sendiri sangat dihargai dan banyak yang memeliharanya. Lalu bagaimanakah cara merawat Carassius Auratus dana pa saja jenis-jenis makanannya?

Cara Merawat Ikan Mas Koki

Membangun ekosistem kecil hewan dan tumbuhan adalah perasaan yang luar biasa. Banyak orang terpikat seumur hidup setelah mereka membeli tangki ikan pertama mereka, dan hobi itu dengan cepat berkembang dengan membeli akuarium yang lebih besar  atau bahkan membuat kolam yang besar. Untuk Anda yang ingin sekali merawat ikan mas koki, berikut adalah tipsnya untuk Anda :

  1. Perhatikan kualitas air

Amonia, nitrat, dan nitrit adalah senyawa kimia alami yang dihasilkan dari siklus di tangki Anda. Ketiga bahan itu akan baik-baik saja di level rendah, tetapi jika dibiarkan tidak terkendali ketiganya dapat menambah jumlah air yang tidak sehat.

Kisaran pH normal air dalam aquarium adalah 6.5 hingga 8.2. Ph adalah aktivitas asam / basa dalam air. Perubahan cepat dalam tingkat pH tidak sehat untuk ikan Anda. Stabilitas pH terkait dengan alkalinitas air. Nah, untuk merawat ikan mas koki, tingkat pH yang dibutuhkan adalah 7.0 hingga 8.0.

Jangan biarkan ikan Anda berada di akuarium dengan tingkat pH di bawah 6.0 atau di atas 9.0. Hindari pula penggunaan klorin pada air. Klorin adalah bahan kimia yang sangat reaktif; dalam jumlah besar dapat digunakan sebagai senjata kimia.

Pada ikan, klorin membakar insang. Pada saat yang sama, klorin menyerap ke dalam aliran darah dan menyebabkan luka bakar di seluruh ikan. Jadi pastikan Anda mengendapkan dahulu air Anda agar terhindar dari kandungan klorin. Selain itu Anda juga perlu memastikan suhu lingkungan Anda berkisar 20 sampai 25 derajat celcius agar ikan mas koki Anda bertahan lama.

Lihat Juga : Jenis Ikan Tuna dan Harganya

  1. Perhatikan berapa ukuran akuarium yang ideal

gambar ikan mas koki cantik
gambar ikan mas koki cantik

Pastikan bahwa akuarium sebagai tempat tinggal ikan kesayangan Anda memiliki 38 liter air untuk satu ekor ikan mas. Apabila nantinya Anda ingin menambahkan jumlah ikan mas koki Anda, maka tambahkan lagi 38 liter. Akuarium yang kecil hanya akan meningkatkan jumlah amonia dalam air.

Amonia adalah salah satu zat yang sangat beracun bagi ikan dan hewan yang hidup di air lainnya. Satu-satunya tingkat amonia yang aman adalah 0 ppm. Penumpukan amonia di akuarium merupakan hasil dari pemecahan metabolisme ikan.

Amonia sangat beracun dalam tangki air tawar dan amonia disebabkanoleh  tingkat pH yang lebih tinggi sehingga menyebabkan keberadaan gas amonia, yang pada gilirannya jauh lebih beracun dan larut dalam air.

  1. Gunakan Filter atau Penyaring Akuarium

Filter atau penyariangan akuarium adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kebersihan air dalam akuarium Anda. Filtrasi mekanis adalah proses di mana partikel dikeluarkan dari air. Untuk membersihkan partikel kotor dari akuarium maka perlu menggunakan media (yang dirancang untuk menangkap dan menahan partikel-partikel kecil ini.

Media ini tersedia dalam berbagai bentuk termasuk berbagai jenis busa, benang filter, bantalan, lipatan kertas mikron, dan tanah diatom. Agar berfungsi dengan baik, penting bahwa media ini dibersihkan secara teratur untuk menghilangkan partikel yang telah terperangkap, sebelum bahan membusuk dan menambah produk limbah di akuarium.

Memilih sistem penyaringan yang tepat untuk akuarium Anda adalah keputusan penting yang akan berdampak pada jumlah pemeliharaan yang dibutuhkan oleh sistem.

 Sistem penyaringan bertanggung jawab untuk menjaga air tetap jernih dan bebas dari partikel (serpihan kecil bahan tanaman, sisa makanan, kotoran, produk limbah dari ikan, dll dan senyawa beracun yang berbahaya bagi penduduk.

Ada beberapa jenis filter atau penyaringan ikan seperti :

  • Hang On Back Filter
  • Canister Filter
  • Wet or Dry Filter
  1. Beri dekorasi pada aquarium

Hiasi tangki ikan Anda dengan dekorasi yang Anda sukai – asalkan tidak beracun bagi ikan. Penting untuk mewaspadai dekorasi yang berpotensi beracun. Beberapa mineral larut dalam air, dan meskipun batunya mungkin tidak beracun, ketika dilarutkan dalam air, dekorasi itu bisa membuat zat beracun atau bisa mengurangi kemampuan air untuk membawa oksigen agar ikan bisa bernafas.

Lihat Juga : Jenis Ikan Patin dan Harganya

Pastikan Anda menghindari dekorasi yang tajam agar ikan tidak terluka. Ada baiknya pula jika Anda menambahkan unsur tanaman air untuk bisa mengurangi tekanan kadar amonia dan nitrit. Tambahkan dekorasi bebatuan, batang kayu, dan benda besar dan padat lainnya sebagai tempat berlindung ikan mas koki Anda.

  1. Beri pencahayaan yang cukup

Pencahayaan akuarium yang tepat memberikan energi vital bagi tanaman dan hewan fotosintesis. Sebagai sumber cahaya utama, pencahayaan akuarium yang tepat sangat penting untuk setiap sistem yang mengandung organisme fotosintesis seperti tanaman, anemon, atau karang.

Pencahayaan juga mempengaruhi perilaku dan fisiologi ikan dan sangat penting untuk keseluruhan akuarium. Anda bisa memberikan pencahayaan antara 8 hingga 12 jam lamanya.

Jenis-jenis Ikan Mas Koki

Di bawah ini ada beberapa jenis ikan mas koki yang terkenal di antaranya adalah :

  1. Koki oranda

ikan mas koki oranda

Jenis ikan koki yang pertama adalah oranda. Ikan koki satu ini bisa dikatakan cukup populer dan memiliki warna yang sangat cantik.

  1. Koki Lionhead

ikan mas koki Lionhead

Sesuai dengan namanya, koki lionhead ini memiliki bentuk tubuh yang cukup unik karena kepalanya yang lebih besar dari tubuhnya. Keunikan lainnya dari jenis ikan ini adalah tidak memiliki sirip.

  1. The Rancu

ikan Koki The Rancu

Koki ranchu ini adalah salah satu ikan mas mewah tertua hingga saat ini. Dijuluki “King of Goldfish” oleh Jepang dan ikan ini memiliki bentuk tubuh yang bulat dengan punggung yang sedikit membengkok.

  1. Koki Jumbo

ikan mas koki jumbo

Sesuai dengan namanya, tentu sudah bisa ditebak ya jika ikan koki satu ini memiliki ukuran yang besar atau jumbo. Bisa dikatakan ukuran pada ikan jenis adalah dua kali lipat dari ikan koki pada umumnya.

Lihat Juga : Jenis Ikan Koi dan Harganya

  1. Koki Mutiara

foto ikan mas koki mutiara
foto ikan mas koki mutiara

Disebut dengan nama koki mutiara dikarenakan jenis ikan ini memiliki sisik yang berbentuk seperti mutiara yang indah. Ikan satu ini banyak sekali diburu untuk dijadikan peliharaan, tidak heran jika harganya cukup mahal.

  1. Koki Ryukin

ikan mas Koki Ryukin

Ryukin adalah ikan koki yang panjangnya bisa mencapai 21 cm. Beberapa koki ryukin bahkan bisa tumbuh hingga 30 cm di akuarium besar. Tubuh ikan koki ryukin ini sangatlah cantik dan juga indah.

  1. Koki Bubble-eye

ikan mas Koki Bubble-eye

Bubble-eye adalah jenis ikan mas hias yang memiliki kantung besar berisi cairan yang menonjol dari bagian bawah masing-masing mata. Kantung itu dapat terluka dan terinfeksi sehingga menyebabkan rasa sakit. Ikan jenis satu ini juga tidak memiliki sirip punggung.

  1. Koki Butterfly Tail

 

ikan mas Koki Butterfly Tail

Ikan Mas butterfly tail memiliki ciri dengan mata yang menonjol dengan ekor berbentuk kupu-kupu. Ikan Mas Butterfly Tail adalah salah satu yang paling unik dari ikan koki. Saat ikan dalam keadaan diam, ekor akan melebar seperti bentuk kupu-kupu.

  1. Koki Tosakin

ikan mas tosakin

Ikan Koki Tosakin adalah satu-satunya ikan mas yang memiliki ekor ganda yang tidak terbagi. Ikan mas Tosakin adalah jenis ikan mas yang sangat indah dan khas dengan sirip ekor besar yang menyebar secara horizontal di belakang ikan.

  1. Koki Panda Moor

ikan mas Koki Panda Moor

Ikan Mas Koki Panda Moor memiliki tubuh bulat atau berbentuk telur, diperkuat oleh mata besar yang menonjol di sisi kepalanya. Ikan ini memiliki warna hitam dan putih yang mirip dengan beruang Panda.

  1. Koki Mini

ikan mas Koki Mini

Sesuai dengan namanya, maka ikan koki jenis ini tentu saja memiliki bentuk tubuh yang bisa terbilang sangat kecil atau mini.

  1. Koki Black Moor

ikan mas Koki Black Moor

Koki Black Moor adalah jenis ikan mas dengan penampilan yang unik dan khas. Ikan Mas satu ini dikenal sebagai “ikan mas teleskop” karena mata ikan ini yang menonjol.

  1. Koki Watonai

ikan mas Koki Watonai

Koki watonai adalah jenis ikan mas koki yang cukup banyak dicari karena memiliki bentuk tubuh yang sempurna dan cantik dilihat.

Lihat Juga : Jenis Ikan Sidat dan Harganya

  1. Koki Komet

ikan mas Koki Komet

Dinamakan ikan Koki Komet karena ikan ini memiliki ekor emas yang panjang menyerupai komet. Sementara ikan mas biasa memiliki sirip ‘kaku’, Komet memiliki sirip yang panjang.

  1. Koki Shubunkin

ikan mas Koki Shubunkin

Shubunkin adalah ikan mas koki yang memiliki warna merah, kuning, oranye, biru, putih dan hitam dan memiliki penampilan seperti mutiara.

Makanan Ikan Mas Koki

Nah, pastikan Anda memberikan ikan Anda dengan benar ya! Berikut ini adalah jenis pakan yang tepat untuk ikan mas koki kesayangan Anda :

  1. Pelet

Pelet adalah makanan ikan mas yang luar biasa. Pelet tidak hanya bergizi dan lezat  tetapi  juga relatif mudah dicerna oleh sistem pencernaan ikan kesayangan Anda dan ketika direndam, pelet tidak menyebabkan masalah kandung kemih.

Berapa banyak pelet yang harus Anda beri untuk ikan mas tergantung pada ukuran ikan Anda dan berapa banyak ikan yang ada. Aturan umum adalah memberi makan sebanyak 2 sampai 3 menit dan tidak lebih karena ikan mas tidak akan pernah berhenti makan. Pelet bisa membuat ikan kesayangan Anda berkembang dengan baik.

  1. Cacing sutra

Untuk Anda yang ingin agar warna ikan mas koki Anda nampak lebih cerah, Anda bisa memberinya makan jenis cacing sutra. Pakan satu ini bisa membuat ikan Anda memiliki warna lebih cantik.

  1. Kutu air

Untuk ikan mas koki yang masih kecil, Anda bisa memberinya makan kutu air. Selain bisa membuat kenyang, kutu air juga pakan yang sangat ekonomis.

  1. Cacing darah

Pakan terakhir yang bisa Anda coba adalah cacing darah. Cacing darah juga bagus untuk  mempercepat perkembangan ikan Anda.

Lihat Juga : Jenis Ikan Bawal dan Harganya

Memelihara ikan mas koki sebenarnya tidak terlalu sulit selama Anda bisa melakukan perawatannya dengan tepat mulai dari memperhatikan kebersihan tempat, jumlah air dalam akuarium hingga memilih pakannya.

Harga Ikan Mas Koki

Jenis Mas Koki Harga Ikan Mas Koki
Mas koki Choten gen Rp = 60.000
Mas koki Ranchu Rp = 30.000
Mas koki Wakin Rp = 25.000
Mas koki Jumbo Rp = 60.000
Mas koki Fantail Rp = 35.000
Mas koki Mutiara Rp = 70.000
Mas koki Calico Rp = 30.000
Mas koki Sakura Rp = 15.000
Mas koki Ryukin Rp = 35.000
Mas koki Shubunkin Rp = 25.000
Mas koki bubble Eyes Rp =65.000
Mas koki Komet Rp = 15.000
Mas koki Butterfly Tail Rp = 75.000
Mas koki Watonai Rp = 20.000
Mas koki Tosakin Rp = 55.000
Mas koki Black moor Rp = 35.000
Mas koki Koki Mini Rp = 15.000
Mas koki Panda Moor Rp = 40.000
Mas Koki Liom Head Rp = 50.000
Mas Koki Oranda Rp = 50.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *