Harga Kelinci Lokal

Daftar Harga Kelinci Lokal Di Pasaran Terbaru

77 views

Kelinci lokal adalah kelinci asli yang berasal dari tanah air sendiri. Dikembangkan secara alami tanpa melalui perkawinan silang antar ras. Yang paling terkenal kelinci Jawa dan Sumatra. Sebab habitatnya terbesarnya kebanyakan memang berasal dari dua wilayah itu.

Ukurannya justru cenderung lebih besar daripada kelinci ras dari negara lain. Yakni sekitar 6 kg perekor bila sudah dewasa. Sekalipun terbilang kecil. Namun bila sudah besar bisa mencapai panjang 40 cm. Dapat bertahan hidup selama 4-10 tahun. Fisiknya kuat, tahan terhadap cuaca apapun. 

Ingin tahu lebih banyak cara merawatnya? Berikut tips singkat cara merawatnya :

  1.  Buatkan kandang yang baik dan terlindungi

Meski kelinci memang lucu dan menggemaskan. Tapi faktanya ia tak bisa melindungi dirinya sendiri dari ancaman binatang buas, semisal kucing ataupun anjing. Karena itu, kamu perlu membuatkan kandang yang aman dan yang bagus serta bersih. Jauh lebih baik bila lokasinya tak jauh dari rumahmu. Misalnya di sekitar area pekarangan. Agar dirimu mudah mengawasi keberadaannya.

  1. Rajin membersihkan tempat dan tubuh kelinci

Selain memberinya kandang yang bagus, kamu juga perlu secara rajin untuk membersihkannya setiap hari. Secara teratur, pagi dan sore. Buanglah kotoran atau sisa-sisa makanan yang tidak dikonsumsi secepat mungkin. Supaya tak mengganggu kenyamannya. Serta satu lagi yang perlu kamu ingat. Kelinci perlu mandi atau melakukan grooming, bila telah dewasa. Boleh dimandikan dua kali seminggu dan itu harus memakai air hangat. Menyikat gigi, memotong kukunya yang panjang serta menyisir bulunya, jika kusut. Sama persis saat kamu memelihara kucing.

  1. Perhatikan dengan baik cara memberikan makanannya

Kelinci memang sangat menyukai sayuran. Karena itu, kamu perlu menyediakan banyak sayur di kandangnya. Seperti : Wortel, kangkung, bayam, lamtoro ataupun kembang turi dan rerumputan. Selain itu kamu perlu memberikan pakan lain dan vitamin penunjang kesehatan tubuhnya. Pemberian makanan penguat itu misalnya 1 kg bekatul, 2 sdm garam dapur 2 sdm air hangat yang dicampur rata dan diberikan pada pagi hari.  

  1. Perhatikan tanda birahinya

Masa reprduksi menjadi masa yang paling ditunggu. Sebab kelincimu akan bertambah banyak jika melakukan perkawinan. Kenali tanda itu dengan memperhatikan tingkah laku si betina. Jika sudah berumur 5-6 bulan. Suka menghindar bila ketemu si jantan. Nafsu makan berkurang, gelisah dan sering menggosok-gosokkan dagu adalah cirinya. Masukkan dia ke kandang jantan, bukan sebaliknya. Masa hamil kelinci sekitar 19-33 hari. Dengan dipisahkan dari yang lain, setelah memasuki 5 hari sebelum melahirkan.

Lihat Juga : Harga kelinci Rex di Indonesia

Bibit kelinci sangat murah, yakni sekitar Rp 25-30 ribu saja perekor. Lebih lengkap mengenai informasi harganya, berikut catatannya. Harga sewaktu-waktu bisa berubah ya.

Daftar Harga Kelinci Lokal Terbaru

Jenis Kelinci Lokal Harga Kelinci Lokal
Jual kelinci lokal semi anggora Rp = 50.000
Kelinci Lokal Putih Rp = 30.000
Kelinci lokal Usia 1-2 bulan Rp = 35.000
kelinci lokal sehat gemuk Rp = 75.000
kelinci lokal Rew betina (indukan) Rp = 160.000
Kelinci lokal anakan Rp = 65.000
kelinci lokal jantan Rp = 150.000
Kelinci Lokal Pejantan dan betina Rp = 110.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *