harga kelinci anggora

Daftar Harga Kelinci Anggora Terbaru

24 views

Anggora selalu identik dengan kucing. Tapi ternyata nama tersebut juga disandang oleh kelinci. Dan seperti karateristiknya, akan selalu lucu, manis dan menggemaskan. Dengan bulu panjang dan lebat, yang hampir menutupi seluruh bagian tubuhnya.

Bila dibandingkan dengan kucing, kelinci lebih menguntungkan lagi. Karena bulunya bisa dijadikan kain wool. Meski sayang banget, dagingnya juga bisa dikonsumsi manusia sebagai lauk dengan dibuat sate atau dipanggang. 

Kelinci anggora banyak dibudidayakan. Sebab termasuk bisnis menggiurkan. Populasinya berasal dari Ankara Turki. Banyak pula ditemukan di wilayah Amerika dan Eropa. Setiap bulan, bulunya bertambah panjang sekitar 2 cm. 

Nah, sebelum kamu mulai membeli kelinci anggora ada baiknya mengenal terlebih dahulu jenis-jenisnya seperti di bawah ini!

  1. Anggora Inggris

Ciri khasnya ada di bagian telinga yang tegak berdiri seperti anjing. Beratnya bisa mencapai 2-4 kg. sangat familiar di Inggris. Terkenal paling jinak dan favorit di kalangan pecintanya. Berbulu paling tebal dan panjang. Saking lebatnya, seluruh wajahnya tak terlihat.

  1. Anggora Perancis 

Mirip anggota Giant, hanya saja ukurannya tampak lebih kecil. Bobotnya sekitar 3-5 kg. tergolong besar dan berat. Bulunya tidak menutupi bagian wajah kelinci. Ada rumbai kecil di bagian belakang kaki. 

  1. Anggora Giant

Paling besar bobotnya di antara jenis kelinci anggora lain. Yakni sekitar 4-6 kg perekor. Spesies ini pertama kali dikembangkan oleh Louise Walsh, dengan menyilangkan kelinci anggora Jerman dengan ras kelici Lop Perancis. Banyak dikembang-biakkan untuk dimanfaatkan bulunya. 

  1. Anggora Jerman

Kelinci jenis ini bisa kamu dapati di sekitar wilayah Amerika dan Kanada. Ia juga dibudidayakan untuk diambil bulunya sebagai wool. Tapi ada juga yang dipelihara untuk kesenangan. Karena bentuknya yang menarik hati. Beratnya sendiri bisa mencapai 2-5 kg perekor.

Sekilat tips merawat kelinci anggora

Sama seperti hewan peliharaan lain, kelinci juga sama. Memerlukan perawatan ekstra. Dan berikut panduan singkat cara memelihara ternak tersebut :

  1. Memberikan sayuran segar yang sebelumnya telah dicacah terlebih dahulu. Jangan hanya berfokus pada jenis makanan yang berupa pallet yang berasal dari pabrik.
  2. Membersihkan tubuh kelinci berikut kandangnya. Bila sudah besar boleh dimandikan secara teratur.
  3. Waspadai penyakitnya yang berupa gangguan pencernaan, rabies seperti pada binatang dan manusia, serta jamur bila bulu dalam keadaan kotor juga lembap.
  4. Jangan menyatukan kelinci jantan dengan yang lain. Sebab kegemarannya bertarung, di mana bisa menyebabkan kematian bagi kelinci lainnya.

Lihat Juga : Harga Kelinci Australia

Dan berikut daftar harga kelinci anggora yang telah didata dari berbagai sumber. Kurang lebihnya bisa kamu konfirmasi kepada penjualnya. Karena tarif yang tertera di sini hanya prakiraan saja, di mana sewaktu-waktu dapat berubah.

Daftar Harga Kelinci Anggora Terbaru

Umur kelinci Harga kelinci Anggora
Kelinci Anggora 5 Bulan Rp = 120.000 – 130.000
Kelinci Anggora Sepasang Produktif Rp =  500.000 – 600.000
Kelinci Anggora Anakan Rp =  25.000 – 50.000
Kelinci Anggora 3 Bulan Rp =  70.000 – 100.000
Kelinci Anggora 2 Bulan Rp =  50.000 – 70.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *