harga doc joper

Daftar Harga DOC Joper Terbaru

58 views

Daging DOC Joper masih menjadi primadona bagi para pecinta kuliner ayam. Rasanya memang unik dan lezat dengan meninggalkan tekstur manis di lidah. Meski harganya sedikit agak mahal dibanding DOC ayam potong, tapi tak menyurutkan minat orang untuk membeli.

Penyebab DOC Joper Mahal Di Pasaran

  1. Bertepatan dengan momen hari raya

Harganya secara signifikan melonjak naik, disebabkan tingginya permintaan konsumen pada masa itu. Ini tidak hanya berlaku pada JOC Joper saja, untuk ayam pedaging lainnya juga sama. Apalagi bila setelah momen tersebut masih dibarengi dengan orang menggelar hajat seperti pernikahan. Maka dipastikan harganya tidak segera stabil.

  1. Pengaruh cuaca buruk 

Bila dibandingkan dengan bebek atau jenis unggas lain, DOC Joper sebenarnya sangat rentan terserang penyakit. Seperti kedinginan di awal musim pancaroba. Bulan Agustus yang kering, bulan November sampai Januari, ditengarai sebagai masa-masa rawan DOC Joper berada pada posisi kurang menguntungkan bila dipelihara. Mereka bisa mati mendadak tanpa sebab pasti, karena pengaruh cuaca buruk tersebut.

Tips Memelihara DOC Joper

  1. Persiapan kandang

Kandang bisa diletakkan jauh dari pemukiman, akan tetapi masih bisa dikontrol pemiliknya. Di perkampungan justru DOC Joper tumbuh liar di kebun dan pekarangan rumah sang pemilik. Jadi sebenarnya pengadaan kandang tergantung kebutuhan saja. 

Bila dirasa hendak memelihara dalam jumlah besar, maka keberadaan kandang juga penting. Pembuatannya harus disesuaikan dengan jumlah DOC yang hendak dipelihara. Minimal 1 pejantan untuk 10 ekor betina, atau kelipatannya. Yang pasti jangan sampai dalam satu kandang memasukkan pejantan dalam jumlah banyak, sebab mereka bisa saling bertarung memperebutkan pengaruh perhatian DOC Joper betina.

  1. Pemberian pakan

DOC Joper menyukai pakan yang dibuat secara alami. Mereka biasanya ringkih bila diberi pakan buatan pabrik. Bekatul, dedak, biji jagung yang telah digiling adalah pakan favorit mereka. Bila menginginkan mereka sehat, tidak perlu diberi vitamin atau vaksin. Cukup campurkan cacahan sayuran di dalam adonan makanannya. Seperti : Kangkung, daun papaya, wortel. Termasuk buah seperti tomat juga bisa. Bahkan sisa nasi yang masih baru, atau nasi aking juga bagus untuk diberikan. Jangan lupa, untuk sesekali memberi mereka minum, supaya tenggorokannya tidak kering.

Selain hal di atas, selalu bersihkan kandang dari kotoran dan sisa-sisa makanan yang tak habis. Sehingga tidak tercecer sebagai sarang berkembangnya kuman dan penyakit.

Lihat Juga : Harga DOC Jantan

Daftar Harga DOC Joper

  1. DOC Joper umur 1-2 bulan jumlah 100 ekor harga Rp 60 ribu
  2. DOC Joper umur 3-4 bulan jumlah 100 ekor harga Rp 135 ribu
  3. DOC Joper umur 1-2 bulan jumlah 50 ekor harga Rp 32 ribu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *