Harga Bibit Ayam Potong

Daftar Harga Bibit Ayam Potong Terbaru

35 views

Ayam potong adalah ayam pedaging (broiler) yang khusus dibudidayakan untuk diambil dagingnya. Meski adapula yang diambil manfaatnya secara bersama-sama dengan telur yang dikeluarkan. Sama seperti ikan, ayam juga masih menjadi lauk favorit yang digemari oleh berbagai kalangan. Oleh sebab itu jangan heran bila ayam potong masuk ke dalam golongan peluang usaha yang menjanjikan.

Faktor-faktor Pemicu Harga Bibit Ayam Potong Tidak Stabil

Namun sayangnya, antusias dari konsumen ini sering dihadapkan pada persoalan pelik para pelaku usaha di bidang peternakan tersebut. Terutama pada pengadaan bibit itu sendiri. Di momen-momen tertentu, harga ayam selalu berubah-ubah sehingga berpengaruh besar pada minat konsumen untuk membeli.

Dan berikut beberapa faktor pemicu harga bibit ayam potong menjadi mahal atau tidak stabil!

  1. Tingginya permintaan pasar

Memang ironis, tingginya permintaan pasar ini tidak dibarengi dengan ketersediaan pasokan ayam potong yang siap jual. Bila berbicara masalah tersebut, kekeliruan tidak sepenuhnya berasal dari para peternak itu sendiri. Selain memang modal yang menjadi pencetus utama. Sehingga mereka tidak bisa memproduksi dalam jumlah besar. Ada banyak hal di luar kendali mereka. Seperti misalnya serangan penyakit secara mendadak pas mendekati masa panen. Akibatnya banyak ayam yang mati sebelum sampai ke tangan konsumen.

  1. Jarak yang jauh

Jarak yang jauh menjadikan biaya akomodasi menjadi mahal. Belum lagi antara bibit dan ayam yang siap potong bisa mati mendadak dalam perjalanan, sebab pengaruh cuaca dan masih banyak lagi. Bila jarak yang ditempuh dekat, tentu biayanya akan lebih murah ketimbang jarak jauh.

  1. Pengaruh politik

Politik memang bagaikan sisi mata uang yang tak terpisahkan. Meski sebenarnya tujuan politik itu sendiri mulia, ingin membawa kemajuan bagi bangsa dan negara ini. Namun pada kenyataannya praktik di lapangan tidak seperti yang kita duga. Munculnya intrik yang disertai manufer dari para pelaku yang bertarung, berpengaruh besar pada kelangsungan ekonomi yang sedang berjalan. Harga pangan menjadi kurang stabil. Termasuk ayam potong yang merupakan kebutuhan primer masyarakat.

Lihat Juga : Harga Ayam Petelur

Harga Bibit Ayam Potong

Berikut daftar ayam potong yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Namun sekali lagi, harga yang tertera berikut, masih bisa berubah sewaktu-waktu. Tergantung hal-hal yang tadi telah disebutkan di atas.

KeteranganHarga
DOC Broiler KW 1Rp 430-460 ribu perbox
DOC Broiler Kw 2 PolosRp 250-300 ribu perbox
DOC BM BroilerRp 310-350 ribu perbox
DOC Layer KW 1 (Petelur)Rp 600 ribu perbox
DOC Layer KW 2 (Petelur)Rp 250 ribu perbox
DOC Jantan Broiler KW 1Rp 300 ribu perbox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *