harga ayam ketawa

Daftar Harga Ayam Ketawa Terbaru

32 views

Pecinta ayam hias tentu sudah familiar dengan jenis ayam satu ini, namanya ayam ketawa. Yang membuat ayam ini unik dan dinamakan sebagai ayam ketawa adalah— suaranya yang menyerupai suara manusia.

Banyak dibudidayakan di daerah Sidrap Sulawesi Selatan utara dari pulau Sulawesi, 183 km dari kota Makasar. Di sini populasinya paling besar sebab dipastikan hampir semua penduduk mengembangbiakkan jenis ayam tersebut.

  1. Anakan Ayam Ketawa

Semua anakan ayam dijual dengan harga terpisah antara jenis jantan dan betina. Untuk anakan betina dihargai mulai Rp 50-100 ribu perekor. Sementara anakan jantan dimulai dari harga Rp 600 ribu ke-atas. Sejak tahun 2016 lalu sudah mulai dikembangkan jenisnya menjadi beberapa nama. Seperti : Ayam ketawa bori tase, ayam ketawa korro, ayam ketawa ijo buota, ayam ketawa lapping dan ayam ketawa ceppaga. Dengan dikembangkannya berbagai jenis ayam ketawa tersebut harga ayam juga semakin melambung tinggi.

  1. Ayam Ketawa Dewasa

Harga yang berkembang saat ini untuk jenis ayam ketawa dewasa sudah menyentuh level 5 jutaan lebih perekor. Dan diperkirakan akan terus menanjak tajam bila terus dicari pecintanya. 

Perlu diingat, harga-harga yang telah disebutkan tadi berdasarkan tempat asalnya yakni Sulawesi. Bila telah diekspor ke luar pulau atau sampai keluar negeri, pastinya harganya berubah naik. 

  1. Harga Ayam Berdasarkan Suaranya

Selain jenis kelamin dan ukuran umur, ayam ketawa juga dijual berdasarkan suara yang dimiliki.  Beberapa kriteria penjualan dapat dilihat di bawah ini!

  • Jenis Slow Kristal 

Ukuran dewasa dibandrol mulai harga 5 jutaan ke-atas. Sedangkan yang ukuran standar mulai harga 3,5 jutaan. 

  • Jenis Suara Dangdut

Masih dibedakan menjadi beberapa tipe lagi : 

  1. Suara dangdut standar mulai harga 1,5 jutaan
  2. Suara dangdut kristal mulai harga 3,5 jutaan
  3. Suara dangdut panjang mulai harga 5 jutaan ukuran dewasa baik jantan maupun betina

Dan sekali lagi harga-harga yang tercantum di atas, merupakan harga rata-rata yang dijual peternak di wilayah Sulawesi. Sebab faktanya bila sudah berada di tangan pedagang, atau bila sudah keluar daerah pasti sudah berbeda penentuan harganya.

Lihat Juga : Harga Ayam Kate

Daftar Harga Ayam Ketawa Terbaru

  1. Umur ayam ketawa 2 minggu Rp 150 ribu perekor
  2. Umur ayam ketawa 1 bulan Rp 200 ribu perekor
  3. Umur ayam ketawa 2 bulan Rp 250 ribu perekor
  4. Umur ayam ketawa 3-4 bulan Rp 350-500 ribu perekor
  5. Umur ayam ketawa 6 bulan (jantan) Rp 600 ribu perekor
  6. Ayam ketawa dewasa Rp 1,5 juta sepasang
  7. Ayam ketawa jantan/Jago dewasa Rp 1,5 juta perekor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *