harga ayam hutan asli

Daftar Harga Ayam Hutan Asli Terbaru

31 views

Sama seperti jenis-jenis ayam lainnya, ayam hutan juga bagus untuk dipelihara. Terbilang sangat susah didapatkan. Oleh sebab itu tidaklah mengherankan bila di pasaran harganya melambung tinggi.

Ciri-ciri Ayam Hutan Asli 

Peminatnya pun semakin hari semakin bertambah banyak, dikarenakan keunikan ayam tersebut. Supaya tidak tertipu ketika membeli, berikut ciri-ciri khusus ayam hutan yang asli!

  1. Bisa Terbang

Karena sudah terbiasa hidup di alam bebas yang penuh predator, menjadikan ayam hutan lebih kuat, tangguh dan tangkas, bila dibandingkan ayam yang sering kita temui. Sayapnya bisa dibuat terbang tinggi dan sudah teruji jadi tak perlu diragukan lagi.

  1. Warna bulu

Antara ayam hutan jantan dan betina juga bisa dibedakan dari bentuk dan warna bulunya. Untuk betina terlihat lebih kusam kurang begitu menarik, jika dibanding ayam hutan asli jantan. Bulu ayam jantan terlihat lebih cerah dengan kemampuan suara yang sangat merdu dan harganya jauh lebih mahal ketimbang yang betina.

Bila tertarik memelihara unggas ini siapkan kandang khusus yang kuat, tinggi, kokoh dan luas agar ayam-ayam hutan ini merasa nyaman saat dipelihara.

  1. Memiliki banyak spesies

Ayam hutan asli juga ternyata mempunyai beberapa spesies dilihat dari warna bulunya dan masing-masing memiliki harga jual sendiri-sendiri. Adapun spesiesnya antara lain :

  • Ayam hutan merah
  • Ayam hutan hijau
  • Ayam hutan abu-abu
  • Ayam hutan Srilangka

Daftar Harga Ayam Hutan Asli

Seperti sudah dijelaskan tadi di atas bahwa setiap spesies ayam hutan asli berbeda harga. Bila diperhatikan lebih rinci, jenis ayam hutan merah dan hijau terlihat paling mahal. Yakni dibandrol mulai angka 2,5 jutaan ke-atas perekor untuk jenis merah, sementara mulai harga 1 jutaan untuk jenis hijau. Angka ini akan terus naik seiring permintaan pasar dari para pecintanya.

Antara harga ayam merah dan hijau menjadi mahal sebab dibedakan dari bentuk tubuh ukuran keduanya. Yang merah lebih ramping dengan jengger merah pula. Sedang yang hijau bentuk tubuhnya agak membulat, gemuk, ekornya berwarna ungu kehijauan. Dan orang lebih menyukai bentuk badan ramping, karena itu harganya menjadi yang paling mahal sendiri. 

Lihat Juga : Harga Ayam Cemani

Untuk ayam hutan betina dibandrol mulai harga 1 jutaan sedang yang jantan mulai 2 jutaan. Sementara jenis anakannya dijual mulai harga 100 ribu ke-atas tergantung umurnya. 

  1. Ayam hutan merah mulai harga Rp 2,5 juta
  2. Ayam hutan hijau mulai harga Rp 1 juta
  3. Ayam hutan jantan mulai harga Rp 2 juta
  4. Ayam hutan betina mulai harga Rp 1 juta
  5. Ayam hutan umur 2-3 minggu mulai harga Rp 100-500 ribu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *