harga ayam cemani

Daftar Harga Ayam Cemani Asli Terbaru

49 views

Ayam cemani oleh masyarakat kita, sering dihubungkan oleh hal yang berbau klenik. Diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Benar tidaknya, semua kembali pada kepercayaan masing-masing. Sebab pada dasarnya ayam tersebut juga sama seperti ayam hias lainnya. Fungsinya untuk melengkapi kegemaran pribadi akan hewan kesayangan.

Cemani yang bila diartikan dalam Bahasa Jawa (Sanskerta) berarti ‘hitam’ sesuai dengan keadaan fisiknya. Mulai mata, hidung, kulit, warna, lidah hingga darah yang dikeluarkan semua berwarna hitam. Yang paling populer yang berasal dari Temanggung Jawa Tengah. 

Ayam cemani tak hanya ditemukan di tanah air saja. Di negara India juga banyak ditemukan ayam sejenis. Dinamakan Kadaknath atau Kali Masi. Hanya bedanya, ayam cemani di tempat itu banyak dimanfaatkan sebagai makanan. Tidak seperti di Indonesia yang lebih banyak dipakai untuk hal-hal mistis. Ayam cemani ini dipercaya punya kadar protein yang cukup tinggi dengan kolesterol dan lemak rendah. 

Sekilas Cerita Tentang Ayam Cemani

Menurut catatan sejarah, ayam cemani sudah melegenda sejak zaman kerajaan Majapahit dulu. Dia menjadi binatang kesayangan Ki Ageng Mangkuhan. Awalnya tidak menghitam sempurna. Tapi oleh beliau dikawinkan dengan ayam hitam lainnya dengan tujuan supaya tetap lestari dan bisa dipakai untuk pengobatan. 

Tapi bila dilihat dari kacamata sains, warna hitam tersebut disebabkan oleh proses fibriomelanosis atau mutase genetic yang kemudian memicu adanya melanin yang berlebihan tadi.

Harga Ayam Cemani 

Yang membuat ayam tersebut menjadi super fantastis harganya di pasaran adalah mengenai warna hitam pada lidah yang dimiliki. Tak main-main perekornya bisa dihargai hampir 40 juta lebih. Dan harga itu dipastikan akan semakin melambung tinggi jika sukar ditemukan pecintanya. 

Mengapa bisa semahal ini? Jawabannya terletak pada keunikannya. Yakni masalah lidah dan sudah jarang ditemukan. Di samping itu juga mitos yang mengitari jenis ayam cemani ini. Menurut cerita orang-orang yang percaya pada ilmu supranatural, semakin hitam lidah ayam cemani tersebut justru semakin bagus. Sebab akan mendukung proses diadakannya ritual tadi.

Sedang bila menyangkut harga jual masih dibedakan lagi antara ayam indukan, dewasa dan anakan yang dipergunakan sebagai bibit. 

Untuk yang ayam jantan dewasa dihargai mulai sekitar Rp 1-1,6 juta perekor (fakta di lapangan). Sementara yang betina dewasa mulai harga 2-2,6 juta perekor. Untuk telurnya sendiri bisa dihargai mulai harga 80-100 ribu perbutir. Untuk anakan atau bibit mulai harga 125-550 ribu perekor

Lihat Juga : Harga Ayam Arab

Dan berikut daftar harga selengkapnya!

Daftar Harga Ayam Cemani Terbaru

  1. Telur ayam cemani dijual mulai harga Rp 80-100 ribu perbutir
  2. Anak ayam cemani dijual mulai harga Rp 125-550 ribu perekor
  3. Ayam cemani dewasa asli dijual mulai harga Rp 2,4 juta perekor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *