gambar bunga matahari

Gambar Bunga Matahari dan Berbagai Jenisnya yang Perlu Diketahui

900 views

Sebagian dari kita, mungkin ketika teringat tentang bunga matahari, maka biasanya akan teringat tentang makanan ringan yang sering dijadikan camilan, yang biasa di sebut dengan, Kwaci. Akan tetapi, sebenarnya tanaman bunga matahari juga sering dimanfaatkan untuk keperluan lainnya, seperti:

  • Bunga yang menjadi kwaci bisa dijadikan camilan dan juga pakan burung
  • Daunnya sering digunakan sebagai pakan ternak dan juga pupuk
  • Dugunakan sebagai tanaman hias untuk jenis tertentu
  • Bisa menghasilkan minyak yang di ambil dari biji tanaman bunga matahari, karena memiliki kandungan minyak yang cukup banyak, yang bisa mencapai 48% sampai 52%

Bicara tentang bunga matahari, sebenarnya memiliki cukup banyak jenis,dan mungkin sebagian dari kita hanya mengetahui beberapa saja. Maka dari itu, untuk menambah wawasan tentang bunga matahari, maka akan kami sampaikan berbagai macam jenis,lengkap dengan gambarnya.

Gambar Bunga Matahari dan Berbagai Macam Jenisnnya

Sebelum melihat berbagai macam jenis bunga matahari, maka sebelumnya, terlebih dahulu mengetahui tentang syarat tumbuh tanaman bunga matahari, terutama bagi seseorang yang ingin membudidayakannya.

Sebagai syarat tumbuh tanaman ini adalah, dimana suhu lingkungannya harus subtropis, dimana suhu lingkungannya harus hangat, cerah dan juga subur.

Di Indonesia sendiri, sebenarnya sudah bisa menanam , tanaman bunga matahari, karena sudah melakukan kawin silang, akan tetapi, hindari menaman tanaman bunga matahari di tempat yang terlalu basah atau di tanam yang tergenang air, karena akarnya bisa membusuk dan membuat tanaman ini mudah mati.

  1. Bunga matahari Autumn Beauty

bunga matahari Autumn Beauty

Keunikan dari bunga matahari Autumn Beauty ini, dalam satu pohon dapat menghasilkan warna bunga yang berbeda-beda, ada yang memiliki bunga yang bewarna kuning,orange, kecoklatan dan juga kemerahan.

Sedangkan untuk tinggi pohonya bisa mencapai 170cm dengan diameter bunga sekitar 15cm dan bunganya bisa bertahan selama 75 hari.

  1. Bunga matahari Giant Sungold

bunga matahari Giant Sungold

Setiap bunga matahari memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda-beda dari setiap jenisnnya, seperti bunga Giant Sungold ini. Dimana cirinya tanaman ini bisa tumbuh hingga sepanjang 1 meter, dengan memiliki diameter bunganya yang mencapai 15 cm, dan bunganya bisa bertahan selama 2 bulan.

Selain itu bunga matahari Giant Sungold ini memiliki kelopak bunga 2 lapis, dan terlihat seperti kelopak belakang terpisah dengan kelopan depan.

Lihat Semua Gambar Bunga : Gambar Bunga Cantik dan Indah

  1. Bunga matahari Valentine

bunga matahari valentine

Untuk ciri khas pada bunga matahari Valentine terlihat pada warna kuning lemon dibagian kelopaknya, sedangkan untuk bagian tengahnya memiliki warna gelap, dengan diameter yang bisa mencapai 15 cm dan ketinggian pohonnya bisa mencapau 1,5 meter.

Untuk biji bunga matahari jenis ini sering digunakan sebagai camilan, yang biasa di olah dengan cara di panggang.

  1. Bunga matahari Teddy Bear

bunga matahari Teddy Bear

Nama bunga matahari “Teddy Bear” , entah dari mana dinamai nama seperti itu. Untuk ciri-ciri bunga matahari Teddy Bear ini memiliki diameter bunga yang bisa mencapai 17 cm dan ketinggian tanaman ini bisa mencapai 60 sampai 90 cm.

Keunggulan dari bunga matahari Teddy Bear ini memiliki bunga yang terlihat mengembang dengan warna kuning yang cerah, sehingga sering di budidayakan sebagai tanaman hias.

Lihat Juga : Gambar Bunga Mawar

  1. Bunga Matahari Big Smile

bunga matahari Big Smile

Meskipun memiliki naman “ big smile” akan tetapi jenis bunga matahari ini memiliki ukuran yang kecil, sehingga cocok di budidayakan di dalam pot sebagai hiasan rumah, hiasan taman dan lain sebagainya. Yang memiliki diameter bunga yang hanya mencapai 10 cm dan tinggi pohon jenis tanaman bunga matahari ini hanya mencapai 40 cm.

  1. Bunga Matahari Earthwalker

bunga matahari Earthwalker

Ciri-ciri bunga matahari Earthwalker ini, memiliki warna yang tidak seperti bunga matahari pada umumnya. Dimana jenis ini memiliki warna yang unik, seperti warna orange yang ke coklat-coklatan.

  1. Bunga Matahari Fiesta Del Sol

bunga matahari Giant Sungold

Ciri khas pada bunga matahari jenis Fiesta Del Sol ini memiliki ciri khas dari warnanya, dimana warna merah cerah dengan diameter yang bisa mencapai 5 sampai 10 cm dan tinggi tanaman ini bisa mencapai 80 cm.

  1. Bunga Matahari Cherry Rose

bunga matahari Cherry Rose

Yang menjadi ciri khas bunga matahari ini, dimana warna orange menjadi dominan pada bunganya, dengan berbagai macam paduan warna lainnya dan terlihat menjadi indah.  Dimana bagian ujung bunga memiliki warna putih cerah, kelopak dalam bunga bewarna ungu dan bakal bijinya memiliki warna coklat gelap.

  1. Bunga Matahari Early Russian

bunga matajhari Early Russian

Jenis buga matahari ini tergolong jenis Early Russian yang memiliki ukuran batang dan bunganya yang besar, dimana diameter bunganya bisa mencapai 30 cm, sedangkan untuk tingginya pohonnya bisa mencapai 1,8 cm sampai 2,4 meter.

  1. Bunga Matahari Music Box

bunga matahari Music Box

Entah apa yang membuat jenis bunga matahari ini di namakan “Music Box “. Namun yang pasti bunga matahari yang satu ini memiliki warna ujung bunganya bewarna kuning, warna coklat muda di bagian dalam kelopak dan bagian tengah bunganya memiliki warna coklat tua.

  1. Bunga matahari Red Sun

bunga matahari Red Sun

Warna merah cerah dan warna gelap di bagian tengah bunga ini menjadikan jenis bunga matahari Red Sun ini terlihat menawan. Dan untuk diameter bunganya bisa mencapai 15 cm dan memiliki tinggi sekitar 1,5 meter dan bahkan bisa lebih dari itu. Dan juga jenis bunga matahari ini bisa bertahan selama 75 hari lamanya.

  1. Bunga Matahari Moonwalker

bunga matahari Moonwalker

Warna kuning muda dan warna gelap bagian tengah bunga matahari jenis ini menjadi ciri khasnya,dan untuk diameternya bisua mencapai 15 cm dengan tinggi yang bisa tumbuh sepanjang 1,7 meter atau bisa lebih dari itu.

  1. Bunga Matahari Velvet Queen

bunga matahari Velvet Queen

Warna orange gelap di bagian kelopak menjadi ciri khas dari jenis “Velvet Queen” ini, yang di lengkap dengan warna kuning cerah di bagian sisi tengah dan memiliki warna gelap di bagian tengah bunga dengan diameter yang mencapai 15 cm dan ketiggiannya tanaman ini bisa mencapai 1,5 meter.

  1. Bunga Matahari pacino

bunga matahari pacino

Bunga matahari jenis pacino bisa bertahan selama 2 bulan dan memiliki warna kuning cerah bagian kelopak dan bagian tengahnya memiliki vareasi warna kuning dan warna lainnya, serta memiliki diameter bunga yang hanya mencapai 13 cm, dan untuk tinggi pohonnya sekitar 60 cm. sehingga jenis bunga matahari pacino sangat cocok di budidayakan untuk tanaman hias yang bisa di budidayakan di dalam pot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *