cara memandikan kucing

Cara Memandikan Kucing Yang Tepat dan Efektif Hingga Bersih Bulunya

33 views

Bulu Kucing yang bersih dan terbebas dari bakteri dan kuman membuat kucing kesayangan menjadi lebih enak di lihat, terutama ketika kucing sedang di sentuh.

Ya, bulu kucing yang rajin di bersihkan akan membuat penampilan kucing teelihat lebih enak di lihat dan tentunya akan membuat kesehatan kucing itu sendiri terjaga, sehingga membuat kucing menjadi aktif karena selalu segar, terutama ketika selesai di mandikan.

Pada dasarnya, dalam hal membersihkan bulunya, kucing akan menjilati bulunya sendiri, namun memang cara seperti itu kurang efektif untuk membuat seluruh tubuhnya benar-benar bersih, terutama bagian tubuhnya yang tidak terjangkau oleh kucing itu sendiri ketika membersihkan menggunakan lidahnya tersebut.

Cara Memandikan Kucing

Memandikan kucing, memang gampang-gampang susah, karena setiap kucing memiliki karakter yang berbeda-beda dan kebiasaan yang berbeda pula.

Jika kucing yang rekan-rekan pelihara sudah terbiasa di mandikan oleh pemilik sebelumnya, maka ketika memandikannya tidak terlalu sulit.

Namun, ketika kucing belum terbiasa di mandikan oleh manusia, biasanya akan membuat kucing menjadi takut dan bisa mencakar pemiliknya.

Nah, dalam hal ini tentunya harus di pertimbangkan jika rekan-rekan belum terbiasa memandikan kucing.

Namun, apapun jenis kucing yang rekan-rekan pelihara, maka berikut adalah persiapan dan tips memandikan kucing yang perlu di ketahui.

Namun, sebelumnya, pastikan terlebih dahulu, kucing yang di pelihara tersebut merupakan kucing yang sudah berumur dewasa sekitar 3 bulan keatas, karena jika kucing yang masih anakan, cara memandikannya berbeda pula yang akan kita bahas di halaman lainnya.

Perlengkapan Untuk Memandikan Kucing

Ketika ingin memandikan kucing, maka perlu di persiapkan alat pendukung untuk memandikan kucing, sehingga proses memandikannya menjadi lancar, dan alat yang perlu di persiapkan antara lain :

  • Shampoo khusus kucing, yang bisa di beli secara online atau di toko
  • Ember yang berisikan air yang hangat
  • Sisir
  • Bedak
  • Handuk yang halus
  • Contonbuds
  • Hair dry atau blower
  • Kanebo ( alternatif anduk )
  • Baby oil ( Optional )
  • Bedak bayi ( Alternatif bedak )

Nah, berikut adalah perlengkapan yang perlu di persiapkan ketika ingin memandikan kucing.

Persiapan Memandikan Kucing

Sebelum memandikan kucing alangkah baiknya perlu persiapan terlebih dahulu, agar ketika dimandikan kucing tersebut tidak mendatangkan hal yang tidak di inginkan, seperti kucing takut dan mencakar yang bisa membuat luka terhadap orang yang memandikannya.

  1. Potong Kuku Kucing

Kuku kucing sebelum dimandikan, alangkah baiknya di potong terlebih dahulu hingga tumpul, sehingga ketika mencakar tidak melukai orang yang memandikannya.

Namun, untuk memotognya jangan terlalu dalam, cukup sebagiannya saja, yang penting ketika mencakar tidak melukai, sebagai jaga-jaga, ketika kucing di mandikan kucing takut.

  1. Menyisir bulu kucing

Untuk membuat bulu kucing benar-benar bersih ketika di mandikan, terutama saat menggunakan shampoo, menyisir bulunya merupakan cara yang baik untuk membuatnya benar-benar bersih.

Namun, perhatikan juga bulu kucing tersebut, jangan sampai bulunya menjadi rontok karena terlalu kasar dalam menyisir bulunya.

  1. Waktu Menyisir Kucing

Untuk memilih waktu, kapan untuk memandikan kucing, itu tergantung kebersihan kucing itu sendiri, bisa 1 minggu sekali atau seminggu 2 kali atau bisa menyesuaikan.

Namun, itu kembali pada jenis kucing, kebiasaan kucing dan juga kotor atau tidak bulu dan bagian tubuh lainnya, jika kucing di pelihara di dalam rumah, kemungkinan cepat kotor tubuhnya lebih rendah di bandingkan kucing yang sering berada di luar rumah.

  1. Basahi Kucing

Air hangat yang sudah di persiapkan dalam ember tersebut di gunakan untuk membasuhi seluruh bulu kucing hingga kebagian kulitnya secara merata, namun pastikan jangan sampai mengenai telinganya.

Dan di di usakan, ketika membasuh kucing dengan menggunakan air tersebut dilakukan secara perlahan dan halus, terutama bagi kucing yang belum terbiasa di mandikan.

Ketika kucing mau di basahi bulunya, tunggu hingga kucing benar-benar nyaman posisinya, sehingga tidak berontak ketika terkena air.

  1. Menggunakan Shampoo

Menggunakan air terlebih dahulu ke seluruh bulu kucing guna nantinya ketika menggunakan shampoo akan mudah rata kebagian tubuhnya, hingga bagian yang tersembunyi.

Namun, perhatikan juga, ketika menggunakan sampoo, jangan sampai mengenai bagian mata dan telinga kucing.

Karena, jika mata kucing terkena Shampoo akan membuat kucing menjadi meloncat dan bisa mencakar pemiliknya.

Usapkan shampoo keseluruh tubuh kucing sambil memijat halus, agar membuat kucing menjadi lebih nyaman ketika di mandikan.

  1. Membilas Bulu kucing

Ketika seluruh bulu tubuhnya rata di bilas dengan shampoo, maka selanjutnya adalah membilasnya, hingga shampoo dan kotoran yang menempel pada bulu kucing menjadi hilang.

Dan usahakan ketika membilasnya, sabun yang di hasilkan dari shampoo tersebut sudah benar-benar bersih dan tidak tersisa sedikitpun pada bulu kucing.

  1. Keringkan bulu kucing

Setelah bulunya bersih dari sabun dan kotoran, maka bulunya di keringkan kembali dengan menggunakan handuk.

Namun, kalian juga bisa menggunakan Blower atau hair dryer ( tergantung kesukaan kucing ), agar bulunya cepat kering, sehingga kucing tidak terlalu lama kedinginan.

  1. Bersihkan telinga Kucing

Agar seluruh bagian tubuh kucing bersih, maka membersihkan telinga merupakan hal yang harus dilakukan ketika kucing selesai di dimanandikan menggunakan kapas lembab atau cotton buds.

Untuk melakukannya cukup mudah, seperti membersihkan kotoran di telinga manusia.

Nah, Demikianlah pembahasan tentang cara memandikan kucing yang tepat dan mudah dilakukan oleh seorang pemula sekalipun untuk membuat seleuruh tubuh kucing benar-benar bersih, yang bisa dilakukan terhadap kucing yang masih galak dan sering berontak sekalipun ketika di mandikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *