gambar bunga wijaya kusuma

Ciri-ciri, Klasifikasi Bunga Wijaya Kusuma Lengkap dengan Penjelasannya 

7 views

Menyebut bunga Wijaya Kusuma, mungkin yang melekat di benak adalah bunga misterius yang berhubungan dengan mitos. Di mana hanya mekar di malam hari saja.  Meski telah akrab di telinga masyarakat kita, namun faktanya bunga tersebut tidak asli berasal dari tanah air. Melainkan dari wilayah daratan Amerika Serikat, kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk di Indonesia. Dibawa oleh bangsa China pada zaman kerajaan Majahit dulu. Populasi terbesar ada di pulau Jawa. 

Nama latinnya epiphyllum oxypetalum atau epphyllum anguliger. Meski berasal dari spesies berbeda akan tetapi tetap punya kesamaan ciri fisik. Namun untuk jenis yang kedua tadi yakni anguliger sering disebut pula sebagai kaktus tulang ikan’. 

Untuk yang jenis oxypetalum disebut ‘ratu malam’ dan ‘bakawali (Melayu). Dalam Bahasa Inggris dinamakan Dutchman’s Pipe, kardable, dan Night Queen. Masih anggota dari kaktus (family cactaceae), berikut beberapa sinonimnya :

  • Cactus oxypetalus Moc, & Sesse ex DC
  • Cereus latifrons Zucc
  • Cereus oxypetalus DC dan masih banyak lagi

Ciri-ciri Bunga Wijaya Kusuma 

  1. Bentuk batang

Silindris. Awal mulanya terbentuk dari daun yang sudah tua dan mengeras. Tinggi batangnya bisa mencapai 3 meter. 

  1. Bentuk daun

Pipih serta memanjang. Berwarna hijau permukaannya halus, tak ada duri dan tepinya bergelombang. Panjangnya sekitar 10-15 cm. Di tepi daun biasanya tumbuh daun baru ataupun bunga.

Lihat Juga : Ciri-ciri, Klasifikasi Bunga Seroja atau Lotus

  1. Bunga 

Bunga Wijaya Kusuma akan mulai muncul di sekitar tepi daun yang berupa kuncup. Semakin lama akan semakin memanjang, untuk kemudian menjuntai ke bawah sampai menyentuh permukaan tanah. Diameternya 10 cm. Berwarna putih bersih dan mengeluarkan aroma wangi menyengat. Hanya muncul pada waktu malam hari. Hal inilah kemudian yang menjadikan bunga Wijaya Kusuma tersebut sarat dengan mitos.

  1. Tangkai bunga

Berwarna merah muda begitupun dengan bagian kuncupnya. Bijinya berwarna hitam. Biji tersebut yang selanjutnya bisa ditanam kembali untuk dikembangbiakkan. 

Itulah ciri fisik dari bunga Wijaya Kusuma. Semoga bermanfaat dan selamat berbudidaya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *