gambar bunga terompet

Penjelasan Lengkap Tentang Ciri-ciri, Klasifikasi Bunga Terompet

15 views

Sesuai namanya, bunga ini berbentuk terompet yang memanjang ke bawah. Bernama latin allamanda cathartica. Biasa digunakan sebagai tanaman hias. Berasal dari Amerika Selatan dan Tengah.

Bunga terompet banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan herbal. Bahan yang diambil mulai dari akar, daun, bunga hingga getahnya yang berwarna kuning, digunakan untuk mencegah sakit kanker dan melawan penyebaran kuman atau bakteri pada kulit yang terluka. 

Bunga terompet disebut pula bunga kuning atau Yellow Bell, Golden Trumpet atau Buttercup Flower. Adapun klasifikasinya adalah sebagai berikut!

  • Kingdom : Plantae
  • Filum : Basidiomycota
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Apocynales
  • Family : Apocynaceae
  • Genus : Allamanda
  • Spesies :  Allamanda cathartica
  • Nama Binominal : Pleurotus Ostreatus

Ciri-ciri Bunga Terompet

Bunga terompet memiliki zat aktif atropine, hyosyamine dan scopolamine. Di dunia medis dipakai sebagai anastesia (penghilang kesadaran) saat melakukan operasi. Bisa berakibat fatal kematian bila digunakan melebihi takaran.

Aslinya bunga tersebut memang berwarna kuning cerah. Namun setelah melalui tahap pengembangbiakan berubah menjadi beraneka warna. Antara lain : Putih, ungu, oranye hingga pink.

Lihat Juga : Cara Menanam Bunga Telang

Ciri khusus :

  1. Tangkai

Berwarna hijau muda

  1. Daun 

Sedikit kasar

  1. Bunga

Ukuran diameternya 5-7,5 cm

Bunga terompet tumbuh mekar sepanjang tahun dan mencapai tinggi 2 meter bila dirawat dengan baik. Habitat asilnya bisa dijumpai pada aliran sekitar sungai atau alam terbuka yang banyak mendapat pantulan sinar matahari secara langsung. Tapi dengan curah hujan yang cukup. Dengan ketinggian sekitar 0-700 mdpl dengan kadar curah hujan sebanyak 1000-2000 mm pertahun.

Pada tanah yang banyak mengandung kadar garam tinggi, bunga terompet tak bisa tumbuh. Tidak pula mampu bertahan pada suhu yang terlalu dingin. Akan tetapi tumbuh baik pada tanah berpasir, berorganik dan beraerasi baik. Namun ironisnya di banyak tempat, sering dianggap sebagai gulma sehingga sering dimusnahkan para petani dan pemilik ladang. 

Demikian ciri bunga terompet sudah dijelaskan secara singkat. Semoga bermanfaat!

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *