gambar bunga seroja

Ciri-ciri, Klasifikasi Bunga Seroja atau Lotus Lengkap dengan Penjelasannya

14 views

Seperti bunga teratai yang tumbuh subur di perairan, bunga lotus atau seroja juga sama. Ikonnya negara India. Dianggap bunga suci oleh umat Budha dan Hindhu.

Nama latinnya nelumbo nucifera tipikal tanaman aquatic plant (tumbuh baik di dalam air). Pertumbuhannya menyebar di seluruh belahan dunia. Ada 3 warna yakni pink, kuning dan putih. Diameternya sekitar 20 cm. Kelopaknya sangat indah dan cantik. Mekar di pagi hari dan kuncup saat senja hari. Dan yang paling sering mendominasi warna pink.

Ciri-ciri Bunga Lotus 

  1. Bunga

Kelopak selapis dan berlapis-lapis. Ada benang sari dan putik.

  1. Daun

Bentuknya melebar, berwarna hijau, berurat muncul motif bergaris tapi permukaannya tidak berlilin. Di tengah daun ada bercak putih. Tepi bergelombang. Mirip payung.

  1. Tangkai

Ramping dan tipis namun kuat dan bergerigi. Bila masih muda mengapung mirip bunga teratai. Tapi sebenarnya tidak. Bunga lotus tidak tampak seperti itu.

Lihat Juga : Ciri-ciri, Klafisikasi Bunga Flamboyan

  1. Batang

Tertanam kuat dan kokoh bersama akar di dalam lumpur berair. Bila ditanam pada pot yang ada airnya batangnya terlihat sempurna dari luar. Bila berada di kolam maka akar dan rimpang berada di dalam lumpur.

  1. Pengembangbiakan

Ada dua acara vegetatif dengan cara distek. Genaratif melalui persemaian biji yang sudah berwarna hitam dan tua. Ditaburkan pada genangan air kolam berlumpur.

Banyak kegunaan dari bunga seroja buat manusia. Mulai dari rimpang yang bisa dimakan dan biji yang dapat dibuat tepung sebagai campuran bahan makanan. Kelopaknya dimanfaatkan sebagai minuman teh dengan cara dikeringkan. Sebagai penambah stamina tubuh. Selain itu, diyakini pula dapat menekan nafsu makan seseorang. Cocok bagi mereka yang sedang melaksanakan program diet. Bila dikonsumsi pagi hari bisa melawan rasa kantuk saat berkerja.

Bunga lotus banyak terdampar di perairan Jepang dengan bentuk uniknya menyerupai cangkir. Dipercaya sebagai jelmaan Dewi Kwan Im. Memiliki berkah salah satunya dapat menyembuhkan orang sakit parah. 

Demikian pembahasan singkat mengenai bunga lotus atau seroja. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *