gambar bunga sepatu

4 Jenis Bunga Sepatu dan Gambarnya Lengkap dengan Penjelasannya

17 views

Bunga sepatu atau dalam bahasa latin disebut hibiscus rosa sinensis merupakan jenis tanaman hias yang biasa ditanam di halaman rumah. Warna bunganya didominasi warna terang. Oleh negara Malaysia ditetapkan sebagai bunga Nasional.

Klarifikasinya : Kingdom plantae, divisi magnolliophyta, kelas magnoliopsida, ordo malvales, family malvaceae, genus hibiscus dari spesies H. rosap-sinensis. Tanaman ini berasal dari Asia Timur. Bunga terdiri dari berbagai kultivar dan hibrida. Dapat berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis). Warnanya bervariasi. Ada merah, kuning, pink dan oranye.

Banyak dimanfaatkan dalam dunia pengobatan. Mulai dari akar, batang, daun, bunga serta kelopak bunganya. Memberi efek diuretic dan choleretic. Untuk memerlancar peredaran darah mengeluarkan racun tubuh, sebab mengandung gossy peptin anthocyanin dan glucose hibiscin, juga proses peremajaan kulit karena kandungan asam amino yang dimiliki bunga sepatu.

Akar dan daunnya banyak terdapat calcium oksalat, peroxidase, lemak dan protein. Sekitar 15-30% pertanaman. Yang terdiri dari asam sitrat, asam malat, asam tartarat dan allo hidroksisitrat latkon asam.  

Selain itu, bunga sepatu ini bisa pula diambil manfaatnya untuk menyemir sepatu. Di India digunakan sebagai salah satu bunga pemujaan. Di Tiongkok yang berwarna merah dipakai untuk mewarnai makanan dan campuran minum teh dengan cara dikeringkan. Di Jepang tepatnya di Okinawa diambil manfaatnya sebagai tanaman pagar. Di bagian selatan dari kota itu, bunga tersebut dijuluki Gushonu hana (bunga kehidupan sesudah mati). Oleh karena itu tidak mengherankan, bila bunga-bunga ini banyak ditemukan di area sekitar pemakaman orang Jepang di sana.

Jenis-jenis Bunga Sepatu

  1. Putih ( Hibiscus Rosa-Sinensis Albus )

bunga sepatu putih

Gambar Bunga Sepatu

Jenis ini paling rajin berbunga. Warnanya putih bersih berukuran sedang dan bermahkota tunggal. Tanaman tropis yang ideal juga bila ditanam di dataran rendah ataupun tinggi. Pembimbitannya melalui pencangkokan atau penyetekan pada batang.

  1. Hibiscus Rosa- Sinensis cv.Natal

Hibiscus Rosa Sinensis

Masuk ke dalam golongan family malvaceae. Banyak dibudidayakan di wilayah Natal Afrika Selatan. Bunganya bermahkota tunggal dan berukuran sedang. Berwarna putih ada kombinasi merah tua di bagian tengah. Ukurannya sedang. Hidup dengan cara dicangkok atau distek batangnya.

Lihat Juga : Jenis Bunga Cempaka dan Gambarnya

  1. Hibiscus Rosa-Sinensis Plenus (Double Rose of China)

Double Rose of China

Cirinya bermahkota ganda dan menyerupai bunga mawar, family maleceae. Warna bunganya didominasi warna merah muda mirip mawar, dengan diameter sekitar 10-15 cm. Butuh sinar matahari penuh dalam pertumbuhannya. Cara menanamnya dengan dicangkok atau stek batang.

  1. Hibiscus Schizopetalus

Hibiscus Schizopetalus

Ciri khasnya, bunga menggantung mirip lentera. Sudah mulai langka dijumpai. Biasa ditanam di pagar-pagar rumah. Cangkok atau stek adalah cara menanamnya.

Demikian tadi jenis-jenis tanaman bunga sepatu yang merupakan bunga hias. Semoga bermanfaat dan selamat membudidayakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *