Bunga Mawar
Gambar bunga mawar

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Mawar Paling Efektif

76 views

Bunga Mawar – Mengingat bunga mawar merupakan tanaman hias bunga yang identik dengan kecantikan. Maka dengan melihat gambar bunga mawar saja. Kecantikan dan keindahannya sudah bisa kita rasakan, Bagaimana kalau dilihat oleh Langaung.?

Maka tidak jarang Banyak orang yang ingin menanamnya langsung dipekarangan rumah atau di dalam pot yang telah mereka sediakan. Namun, pengetahuan terbatas akan Tatacara Penanaman dan perawatan yang tidak begitu ditentukan, Meka timbullah beberapa masalah Seperti penyakit bercak pada daun, bercak hitam dan lain-lain yang ditimbulkan oleh tanaman hama.

Maka dari itu, di sini saya akan mengulas tentang Cara menanam bunga mawar, hingga perawatannya. Namun sebelum tahan air dan perawatannya, kita perlu simak poin-pin penting tentang hama dan penyakit yang biasa mengangu tanaman bunga mawar.

 

Hama dan penyakit pada bunga mawar

Layaknya tanaman bunga dan buah lainnya Bunga mawar juga bisa mengembalikan penyakit yang diserang oleh berbagai hama. Meskipun bunga mawar memiliki duri di batang tangkai dan batangnya, bukan berarti tanaman ini tidak dapat diserang oleh hama dan terserang oleh penyakit. Beberapa hama dan penyakit yang sering muncul tanaman bunga mawar antara lain sebagai berikut:

  • Hama tungau

Jenis hama yang ditemukan ditemukan pada tanaman bunga mawar, Hama tungau atau Tetranychus telarius ini sangat kecil, ukuran keseluruhannya antara 0,3 mm, dengan variasi warna merah, hijau, atau kuning.

Hama tungau ini meningkatkan suhu udara yang lembab atau basah dengan sirkulasi udara yang panas. Efek yang ditimbulkan hama tungau ini antara lain seperti abu-abu kecoklatan pada bagian daun atau pucuk tanaman.

Solusi untuk mengendalikannya dengan menyemprotkan pestisida piridaben dengan cara menyemprot tanaman dari bagian bawah hingga bagian atas.

  • Hama ulat daun

Hama selanjutnya yang sering menyerang tanaman bunga mawar yaitu Hama ulat daun, Bagian tanaman mawar yang diserang oleh hama ini adalah daun dan kuncup bunga jadi daun dan kuncup bunganya menjadi rusak dan berlubang.

Pengendalian terhadap hama ulat daun adalah dengan menggunakan insektisida karbonsulfan .

  • Nematoda akar

Nematoda akar memiliki ukuran yan sangat kecil. Meski saking kecilnya, hama ini tidak bisa dilihat dengan mata kepala langsung. Hama ini hanya dapat dilihat dengan mikroskop.

hama ini dapat menyebabkan tanaman naik menjadi kerdil, hal ini menyebabkan hama ini menyerang akar pada tanaman naik sehingga dapat menembus ke bagian batang. Selain gejalanya dapat menyebabkan tanaman menjadi kerdil, akarnya juga kadang-kadang layu, kelemahan tumbuh juga dapat menimbulkan bintil-bintil pada akar tanaman.

  • Hama rayap

Selain pohon-pohon besar, hama rayap juga dapat menyerang tanaman mawar.

Solusi untuk menghindari penyerangan hama rayap yaitu dengan menanamnya di pot yang dipasang di rak-rak khusus. Selain itu, Anda juga dapat menanamnya di GreenHouse . Hindari area yang dilepaskan oleh ranting, ranting yang kering.

  • Hama Thrips

Sama seperti hama tungau, hama ini juga memiliki ukuran yang sangat kecil yaitu 1 mm, Hama ini memiliki ciri fisik yang berwarna kuning-oranye atau kuning kecoklat.

Hama ini dapat merusak atau menghisap cairan sel-sel pada tanaman, sebagian besar bunga, daun, dan cabang-cabang tertentu.

Pengendalian hama tanaman ini dapat dilakukan dengan cara memangkas bagian tanaman yang terserang berat, lalu Anda dapat melakukan penyemprotan dengan cairan khusus seperti insektisida dengan takaran yang didukung.

Itulah beberapa hama yang sering dikunjungi tanaman bunga mawar. Sementara itu, bunga mawar juga sering terserang penyakit yang tentu saja bisa meningkatkan pertumbuhan tanaman ini, penyakit penyakit antara lain:

  • Busuk pada bunga

Penyebab penyakit kebusukan pada bunga biasanya disabkan oleh cendawan Botrytis cinerea . Ilustrasi serangan penyakit ini kuntum bunga yang akan mekar atau sudah mekar akan tampak membusuk dan berwarna kecoklatan.

  • Bercak hitam

Mungkin penyakit ini sering Anda jumpai pada tanaman mawar Anda, penyakit bercak daun ini disebabkan oleh cendawan Phragmidium muconatum .

Potongan yang ditimbulkannya yaitu bitnik-bintik berwarna jingga kemerahan pada sisi bawah daun. Penyerangan bercak hitam yang bisa menyebabkan daun menjadi gugur.

Penyakit ini dapat diaktifkan dengan melakukan pemangkasan pada daun yang telah terserang penyakit lalu dimusnahkan, setelah ituanda juga dapat menyemprotnya dengan menggunakan fungisida heksakonasol .

  • Jamur tepung

penyakit ini dapat ditimbulkan oleh cendawan Oidium sp, Penyebab yang ditimbulkannya adalah tepung atau lapisan putih pada permukaan bagian bawah dan atas daun.

Daun tanaman yang terserang penyakit ini akan berubah warna dari hijau menjadi kemerah-merahan, dan lambat laun daun tanaman yang terserang bergradasi kekuningan dan akhirnya daun-daun tersebut akan gugur.

Pengendalian penyakit seperti ini dapat dilakukan dengan cara memetik daun yang terserang penyakit untuk dimusnahkan lalu Anda juga dapat menjaga kebersihan kebun.

Sementara mengendalikan kimiawinya dapat dilakukan dengan cara disemprot dengan cairan khusus seperti fungisida Belerang , atau mengandung bahan aktif Pirazifos .

 

Cara menanam bunga mawar

Untuk cara menanamnya tergolong cukup mudah, pasang bunga mawar sendiri dapa tdilakukan dengan cara Stek bata. Langkah-langkah diambilnya antara lain diambil.

Sebelum melakukan persiapan, siapkan beberapa hal untuk persiapannya. Alat dan bahan yang diperlukan Anda siapkan udara, Pisau atau gunting tanaman, Media tanam Berupa (pupuk, pupuk, pupuk dan pupuk kompos), Ranting tanaman yang mulai menua, serta perangsang akar atau zat ZPT. Perlu diingat Media tanam yang digunakan harus memiliki resolusi 1: 1: 1.

 

  • Langkah-langkah penanaman

Setelah Anda menyiapkan beberapa baha-bahan yang telah disetujui di atas, Selanjutnya Anda dapat melakukan penanaman. Tahapan penanamanbunga mawar dengan stek batang adalah sebagai berikut.

  1. Potong batang mawar yang diperlukan dengan diameter panjang antara 15-20 cm menggunakan pisau atau gunting tanaman yang telah disiapkan sebelumnya, dan pisau siap pakai atau guntingnya tajam dan steril.
  2. Setelah melakukan pemotongan, masukkan batang atau ranting tanaman naik ke dalam udara. Hal tersebut dilakukan agar mawar tetap lebih optimal.
  3. Lubangi media tanam dalam pot menggunakan ranting pohon. Usahakan naiknya lebih rendah dari tinggi batang mawar yang sudah dipotong.
  4. Sebelum ditancapkan ke dalam lubang yang telah dibuat, guntinglah terlebih dahulu daun-daun yang ada di bagian bawah batang untuk mengurangi penguapan.
  5. Tancapkan batang mawar yang telah dipotong dan dibuang daunnya tadi ke dalam media tanam. Namun sebelum ditanam, Anda menambah hormon perangsang pada batang dasar yang menjadi akar atau pada bisa juga pada lubang tanah untuk meningkatkan pertumbuhan akar.
  6. Lakukan penyiraman secara rutin menggunakan semprotan udara hingga tunas daun baru tumbuh. Jika sudah ada daun baru yang tumbuh maka cara Anda menanam batang mawar sudah benar dan batang batang sudah berakar di bawahnya.Namun perlu juga, hindari media yang terlalu basah atau lembab saat melakukan penyiraman. 

 

Cara merawat tanaman bunga mawar

Setelah melakukan penanaman, lakukanlah Anda harus melakukan perawatan tanaman. Perawatan tanaman dilakukan agar mawar yang kita tanam dapat tumbuh dengan optimal.Beberapa hal yang perlu dilakukan dan diambil dalam perawatannya antara lain sebagai berikut:

  • Penyiraman tanaman

Tentunya penyiraman merupakan perawatan yang paling utama, selain merupakan sumber kebutuhan utama bagi tanaman dalam proses biologis tumbuhan, penyiraman juga penting untuk meningkatkan larutnya tidak ada yang terkait dengan pupuk yang dibutuhkan akan diserap oleh tanaman pertambangan.

Selain itu, Penyiraman juga dapat digunakan untuk kondisi udara sekitar. Sama halnya sepeti tanaman lain, penyiraman dapat dilakukan dua kali sehari, yaitu saat pagi hari antara jam 7-9 dan sakit hari antara jam 4-6 sakit.

  • Pengendalian gulma

Tentunya tanaman mawar akan rajin berbunga jika asupan nutrisinya tercukupi, dengan kata lain media tanam harus terhindar dari pelepasan nutrisi yang dilakukan oleh gulma. Maka dari itu, kita harus sering menggunakan media tanam dari berbagai tanaman pengganggu atau gulma yang tumbuh di sekitaran tanaman bunga mawar.

Tanaman seperti gulma atau rumput dan tanaman perdu harus dicabut untuk akar-akarnya. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kompetisi sehingga dapat digunakan nutrisi yang diserap oleh tanaman bunga mawar.

  • Pemupukan bunga mawar

Pemupukan merupakan proses meningkatkan kualitas tanaman dengan menyediakan suplemen yang terdiri dari beragam tidak, baik melalui tanah maupun langsung pada daun dengan cara penyemprotan. Kegiatan pemupukan berhasil dilakukan setelah gulma dan tanaman parasit lainnya berhasil. Untuk pemupukannya sendiri dapat dilakukan setiap 2 minggu sekali dengan menggunakan jenis pupuk majemuk seperti pupuk NPK Mutiara dengan dosis 20 butir per tanaman. Unsur hara yang terkandung dalam pupuk ini mengandung nitrogen 16%, magnesium 0,5%, posfor 16%, kalsium 6% dan kalium 16%.

Dengan melakukan pemupukan, selain dapat membantu tanaman untuk mendapatkan pertumbukan bunga, juga dapat meningkatkan kesuburan, daya tahan daun dan ketahanan tanaman terhadap penyakit yang telah ditingkatkan sebelumnya.

  • Pemangkasan daun dan ranting

Daun yang mulai tampak menua dan ranting yang mulai mongering harus segera dilakukan dipangkas karena merupakan bagian tanaman yang sudah tidak produktif lagi.

Jika pemangkasan dilakukan dengan menggunakan gunting, gunakan Anda menggunakan gunting taman dan pastinya harus tajam. Perlu diingat itu Anda Jangan lakukan pemotongan dengan teknik serong, gunting saj lurus.

  • Intensitas cahaya matahari

Intensitas Sinar matahari merupakan bagian terpenting dalam proses evolusi pada tumbuhan yang digunakan sebagai media proses fotosintesis. Sinar matahari juga mampu memulihkan pertumbuhan kuncup bunga atau florasi.

Jika Anda ingin tanaman Anda berbunga lebat, Anda dapat melakukan penjemuran atau letakkan saja tanaman mawar di tempat yang sering terpancar sinar matahari, terutama saat jam 6 hingga jam 10 pagi.

 

Demikianlah Ulasan Kali ini terkait hama dan penyakit, juga cara menanam dan merawat bunga mawar yang dapat saya bagikan. Semoga dapat menambah wawasan Anda

Gambar diambil dari: https://www.servertanamania.net/

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *