gambar bunga kenanga

Jenis, Ciri-ciri, Klasifikasi dan Manfaat Bunga Kenanga Yang Perlu diketahui

68 views

Bunga kenanga bagi pecinta tanaman hias, tentu sudah tidak asing lagi keberadaannya. Bersama bunga hias lain, bunga tersebut di banyak kesempatan juga sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Antara lain dalam upacara adat pernikahan, tabur bunga pada jenazah orang meninggal dan sebagainya. 

Di beberapa tempat di tanah air, bunga kenanga juga lekat dengan mitos mahkluk gaib. Percaya atau tidak, tentu kembali kepada Anda.

Bunga kenanga banyak menyimpan zat-zat atau mineral penting yang berguna sekali bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Di antaranya zat : Flavonoid, saponin, polifenol, minyak atsiri, asam benzoate, geraniol, farnesol, geraniol, bensin asetat, eugenol, kadinen, linalool, sadrol serta pinen.

Dalam bidang kosmetik, bunga kenanga dikenal sebagai bahan campuran parfum, shampo, sabun hingga pembersih muka. Untuk aroma terapi, bahan pelembab kulit kering, bahan masker dan luluran tubuh. Selain itu juga banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal, seperti penyakit rematik, demam, dan obat batuk. Termasuk juga digunakan sebagai ramuan yang diminum ibu melahirkan untuk menghentikan darah nifas. Mengatasi penyakit kulit seperti kudis atau scabies. Proses penyembuhan penyakit kuning dan mengatasi bau badan juga masalah keluhan keputihan yang banyak dialami oleh kaum wanita. Membantu mengatasi sakit saluran kencing dan penyakit hepatitis.

Secara umum, bunga kenanga yang bernama ilmiah cananga odorata ini berwarna hijau kekuningan. Tinggi pohonnya bisa mencapai 5-20 meter. Tumbuh subur di ketinggian 20-1200 mdpl.

Jenis-jenis Bunga Kenanga

  1. Cananga Latifolia

Bentuk pohonnya perdu tapi adapula yang tinggi. Daun bulat telur, bagian pangkal bundar. Permukaan bawah tidak berbulu. Tumbuh semusim.

  1. Cananga Odorata Forma Macrophylla

Daunnya sedikit bulat. Tajuk pohon berkerucut dengan cabang yang tersusun rapat dan terdapat lekukan di bagian pangkal batang.

  1. Cananga Odorata Forma Genuina

Ciri daunnya agak meruncing. Tajuk pohonnya bentuknya mengerucut ramping kecil dengan jarak batang berjauhan. Ada tonjolan pangkal pada bagian pangkal.

Demikian jenis-jenis bunga kenanga yang bisa dijelaskan secara singkat. Semoga bermanfaat dan selamat membudidayakan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *