gambar bunga cempaka

4 jenis Bunga Cempaka dan Gambarnya Lengkap dengan Penjelasannya

38 views

Bunga cempaka atau kantil kerapkali didefinisikan dengan hal-hal yang berbau mitos. Masuk ke dalam golongan tumbuhan tropis dan sub tropis. Menyebar di hampir semua wilayah Asia. Di tanah air sering dijumpai di pulau Sumatera, Jawa dan Maluku.

Bunga ini banyak dimanfaatkan manusia sebagai :

  • Mengatasi perut kembung akibat masuk angin
  • Menghilankan bau badan tubuh
  • Mengatasi radang saluran pernapasan
  • Mengatasi masalah keputihan pada wanita
  • Mengatasi sinusitis 
  • Mengatasi vertigo

Mitos Seputar Bunga Cempaka

Bunga cempaka memang sangat cantik dengan aromanya yang menyengat. Dan seperti kita ketahui bersama, Indonesia banyak berkembang kepercayaan dari nenek moyang yang sudah melekat pada masyarakat. Seperti bunga cempaka ini. Konon menurut keyakinan mereka sangat disukai para mahlkuk halus. 

Hingga saking percayanya, mereka menyebutkan bila bunga tersebut dapat memanggil arwah. Sebab pohon tempat tumbuhnya adalah hunian mahkluk-mahkluk abstral tersebut.

Tapi terlepas dari semua itu, hal-hal demikian merupakan bagian dari budaya dan adat istiadat bangsa kita. Terpenting iman yang harus dijaga.

Jenis-jenis Bunga Cempaka 

  1. Cempaka Putih/Kantil

bunga cempaka putih kantil

Gambar bunga cempaka

Nama latinnya michelia alba. Bisa tumbuh 30 meter. Rantingnya berbulu halus dan warnanya abu-abu. Tergolong bunga daun tunggal. Jika masih muda berwarna hijau, setelah itu lama kelamaan menjadi putih. Ikonnya flora di Jawa Tengah. Banyak digunakan dalam upacara adat di Jawa. Misalnya dihadirkan pada ritual pernikahan sebagai penghias pusaka yang disematkan pada pakaian pengantin pria, dan tabur bunga pada keranda jenazah.

  1. Cempaka Merah

bunga cempaka merah

Masuk keluarga magnoliaceae. Bunganya pink di ujung ranting. Ukuran bunganya 5-7 cm dengan kelopak tersusun rapi. Aromanya menyegat seperti cempaka putih. Uniknya hanya mekar selama 2 jam saja setelah itu akan layu. Terbilang langka susah dikembangkan. Oleh sebab itu, banyak diburu para kolektor. Di mana secara otomtatis harganya menjadi mahal sekitar 3 jutaan perbibit.

Lihat Juga : Jenis Bunga Kamboja dan Gambarnya

  1. Cempaka Ungu

bunga cempaka ungu

Nama latinnya magnolia liliflora atau dikenal pula purple magnolia atau red magnolia. Bunganya sangat indah dan wangi dan berwarna ungu terang. Cempaka ungu dapat tumbuh secara baik pada dataran tinggi dengan suhu sekitar 20-26 derajat celcius.

  1. Cempaka Kuning

bunga cempaka kuning

Di antara bunga cempaka lain, cempaka kuning terkenal paling wangi. Bahkan dari jarak jauh, aromanya sudah dapat tercium. Dapat tumbuh mencapai 25 meter. Daunnya oval warnanya hijau cerah meruncing pada bagian ujung. Bunganya berwarna kuning keruh semburat atau mendekati warna jingga. Cara menanamnya dengan dicangkok atau melalui biji. Tapi bila tidak mengharapkan tumbuhnya tidak terlalu tinggi, maka sebaiknya dilakukan dengan cara ovulasi saja. 

Demikian penjelasan singkat mengenai jenis-jenis bunga cempaka yang bisa disebutkan di sini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *