gambar bunga asoka

Penjelasan Tentang Ciri-ciri, Klasifikasi dan Manfaat Bunga Asoka

5 views

Dalam agama Hindhu, bunga asoka juga menjadi salah satu dari kesekian jenis bunga yang dianggap suci oleh penganutnya. Asoka diambil dari Bahasa Sansekerta, yang berarti terbebas dari kesedihan, berhubungan erat dengan sejarah Raja Ashoka, nama bunga tersebut. Termasuk juga dalam golongan tanaman hias.

Manfaat Bunga Asoka

Sama seperti bunga jenis lain, asoka bagi manusia pun memiliki segudang manfaat yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Di antaranya sebagai berikut!

  1. Sebagai obat disentri sebab kandungan taninnya

Caranya : Tumbuklah bunga asoka secukupnya, lalu rebus dengan 2 gelas air, tapi jadikan satu gelas saja setelah matang. Minum dua kali sehari sampai sembuh.

  1. Melancarkan darah haid

Caranya : Campur asoka dengan mawar dan sedikit daging lidah buaya. Rebus bersama 4 gelas air. Jadikan 2 gelas. Selanjutnya diminum sehari sekali.

  1. Mengobati kram kaki

Caranya : Campur asoka dengan umbi bunga dewa, mawar serta madu. Masak bersama 4 gelas air. Jadikan separuhnya. Minum secara teratur dua kali sehari.

  1. Untuk antioksidan sebab flavonoidnya

Caranya :  Campur asoka secukupnya dengan 2 gelas air. Rebus dan jadikan separuhnya saja. Dinginkan. Sesudah minum secara teratur guna mencegah penyakit kanker.

Lihat Juga : Ciri-ciri, Klasifikasi Bunga Terompet

Ciri-ciri Bunga Asoka 

Masuk ke dalam kelas magnoliopsida, berikut ciri-cirinya :

  1. Bentuk batang dan ranting

Tegak lurus dengan material kayu keras. Tingginya bisa mencapai 7 meter lebih. Sementara untuk rantingnya sendiri bercabang tipe sympodial. Warnanya putih keruh.

  1. Bentuk bunga

Bentuk bunganya bergerombol dengan warna merah menyala, kekuningan hingga berwarna jingga muda. Tergolong bunga majemuk mirip morfologi bunga matahari. Memiliki benang sari berjumlah 4 dan kepala sari di bagian mahkota.

  1. Akar Bunga Asoka

Akarnya jenis tunggang. Menjalar dari ke bawah untuk menopang batang pohonnya. Selain itu tumbuhan ini warnanya sedikit agak gelap alias kecokelatan.

  1. Bentuk daun

Lonjong dengan bentuk meruncing pada bagian ujungnya.

Demikian ciri-ciri khusus yang bisa disebukan mengenai keberadaan bunga asoka. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *